-->

Iklan Atas Artikel

4 Kriteria Makanan Sehat yang Harus Terpenuhi

4 Kriteria Makanan Sehat yang Harus Terpenuhi



Makanan yang mempunyai nutrisi yang baik dan sehat sering diabaikan karena dianggap tidak memiliki rasa yang lezat. Kebanyakan orang lebih memilih makanan yang lezat tanpa memerhatikan gizi. Kalau kita tahu manfaatnya jelas sekali bahwa makanan sehat itu mempunyai gizi yang baik.Dalam mengonsumsi makanana sehat tidak harus memilih satu pilihan saja.

1. Makanan Bergizi

Yang termasuk ke dalam kriteria makanan bergizi harus mempunyai kandungan atau kebutuhan seperti, lemak, protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Karbohidrat yang direkomendasikan merupakan karbohidrat kompleks. Alasannya karbohidrat jenis ini lebih lama untuk dicerna yang membuat kadar gula darah menjadi stabil. Karobohidrat komplesk akan memberikan efek kenyang yang lebih lama  yang cocok untuk melakukan program diet.

Ada beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oatmeal, beras merah, kentang, ubi, singkong, talas, dan gandum utuh. Selain karbohidrat kompleks ada juga karbohidrat sederhana seperti roti dan nasi.

2. Berimbang

Makanan yang sehat tidak hanya bergizi tetapi beranekaragam, misalnya dalam satu piring makan usia 5 sampai 10 tahun mengandung 30% protein, 50% karbohidrat, dan sisanya dilengkapi mineral, vitamin, serat, dan lemak yang dikonsumsi tentunya lemak yang baik dan sehat.Lemak baik merupakan lemak baik yang terkandung seperti kacang-kacangan atau alpukat. Namun, lemak yang terdapat pada gorengan dan sejenisnya merupakan lemak yang kurang baik.

3. Beragam

Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan beragam. Jika hari ini Anda mengonsumsi telur dengan daging ayam, maka besoknya Anda bisa mengganti dengan menu lain. Semakin banyak yang beragam mengonsumsi makanan yang bergizi. Semakin banyak manfaat untuk tubuh. 

4. Bersih

Makanan yang kita makan tentunya tidak sembarangan, melainkan harus terbebas dari virus dan bakteri, pastikan selalu mencuci tangan, dan mengolah makanan dengan baik. Selain itu, peralatan dan bahan makanan harus dicuci dengan baik dan benar.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2