-->

Iklan Atas Artikel

5 tips Cara Sehat Makan Olahan Daging Kurban Idul Adha

Hari raya Idul Adha merupakan hari raya umat islam Islam, salah satu hikmahnya adalah saling berbagi dengan sesama. Selepas penyembelihan hewan kurban, daging kurban pun berlimpah, daging kurban bisa kita olah menjadi  sajian yang lezat seperti sate, sop, dan soto. Namun Anda jangan sampai berlebihan ketika menyantap daging kurban, bisa jadi menimbulkan berbagai masalah untuk kesehatan Anda dalam waktu singkat atau panjang. Supaya badan tetap sehat setelah mengonsumsi daging kurban. Di bawah ini merupakan 

5 tips Cara Sehat Makan Olahan Daging Kurban Idul Adha

5 tips Cara Sehat Makan Olahan Daging Kirban Idul Adha

1. Menghindari Olahan Daging dengan Cara Digoreng

Sebaiknya ketika Anda mendapatkan daging kurban, coba untuk mengolahnya dengan cara direbus daripada digoreng. Makan daging olahan yang digoreng dengan minyak bisa meningkatkan asupan kalori menjadi tidak terkontrol. Ketika asupan kalori berlebihan maka peningkatan berat badan akan sulit dikendalikan.

2. Berjalan Kaki Setelah Makan Daging

Momen Idul Adha, Anda mungkin melampiaskan hasrat makan daging kurban sepuasnya. Setelah merasa kenyang makan daging kurban, hal yang harus dilakukan adalah memastikan daging kurban yang Anda makan dicerna dengan baik agar tubuh merasa ringan dan sehat, sebaiknya Anda berjalan kaki selama 30 menit atau melakukan gerakan untuk memudahkan pencernaan setelah makan daging kurban.

3. Minum Teh Hijau

Minum teh hijau tidak hanya dilakukan untuk orang yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan, tetapi Anda bisa minum teh hijau atau air lemon setelah makan daging kurban supaya membantu meningkatkan metabolisme dan menetralisir pada lemak daging, dan sebaiknya saat minum teh hijau tidak menambahkan gula.

4. Menghindari Minuman Bersoda Setelah Makan Daging Kurban

Penelitian yang dilakukan Dr. Shanon Casperson, minum minuman bersoda setelah makan daging terbukti bisa menambah berat badan. Dari penelitian tersebut dilakukan pada beberapa orang, ternyata orang yang minum minuman manis atau bersoda setelah makan daging banyak lemak menumpuk tidak terpakai, dibandingkan dengan orang yang hanya minum air mineral atau biasa.

5. Beri Jeda Waktu 6 Jam

Pada Hari Raya Idul Adha mungkin banyak makanan yang tersaji dari daging. Para ahli merekomendasikan memberi jeda waktu selama 6 jam antara waktu makan selanjutnya. Jadi, Anda makan daging pukul 13.00, Anda bisa makan daging lagi pada pukul 17.00.
Menurut ahli nutrisi Susie Burrll mengatakan tubuh mempunyai waktu atau periode untuk mencerna makanan, dan tubuh mempunyai waktu sendiri untuk melakukan istirahat. Oleh karena itu, jika Anda ingin tetap sehat, maka mengatur  jam makan sangat penting.

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2