-->

Iklan Atas Artikel

8 Manfaat Mengonsumsi Buah Kuma

8 Manfaat Mengonsumsi Buah Kuma



Sansanirawan.com Buah kurma ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Jenis buah ini memang selalu populer apalagi menjelang bulan Ramadhan, buah kurma diketahui memiliki khasiat seperti memperkuat sistem saraf hingga bisa meningkatkan kesehatan untuk mata, jantung. 

Selain itu terdapat kandungan serat yang tinggi, kalium, dan kalsium. Buah yang terkenal dari Timur tengah yang beriklim tropis di padang pasir ini terdapat banyak jenis, salah satunya kurma Safawi yang manis dan berdaging, kurma Khudris walaupun bentuknya tidak rata tetapi rasanya kenyal, dan  kurma Medjool memiliki kandungan air atau banyak orang menyebutnya dengan ratu kurma.

Buah kurma yang lezat ini biasa disajikan saat berbuka puasa, karena merupakan jenis buah yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga bisa mengembalikan energi dan membantuk menekan untuk nafsu makan yang mengandung glukosa atau gola.

Berikut manfaat buah kurma yang kaya dengan vitamin, A,B,C, mineral, dan asam amino.


1. Membuat kenyang lebih lama

Buah kurma merupakan jenis buah dengan serat tinggi yaitu pektin. Pektin bisa menarik air, dapat meningkatkan fluiditas pada isi lambung, zat ini mampu memperpanjang waktu di lambung hingga memberikan perasaan kenyang.

2. Meningkatkan imunitas

Penelitian menunjukan buah kurma memiliki efek merangsang sistem kekebalan tubuh. Buah kurma kaya beta-glukannya, terdapat polisakarida,  mengonsumsi karbohidrat jenis ini lebih baik dan kompleks yang sangat direkomendasikan oleh para dokter. 

Buah kurma mengandung senyawa karotenoid dan fenolik yang bisa melawan kanker, serta vitamin  yang berperan untuk membantu imunitas tubuh karena antimikroba dan antioksidannya.

3. Mengurangi konsumsi gula

Setelah lapar karena berpuasa, tubuh akan mengarahkan ke sumber karbohidrat yang tinggi, seperti makanan manis sehingga kadar gula dalam darah dapat kembali normal.

4. Mencegah sembelit

Buah kurma mempunyai serat tinggi serta mempunyai peran untuk menurunkan berat badan. Ahli diet merekomendasikan untuk mengonsumsi 20-30 gram serat sehari. Serat dalam buah ini bisa membantu melancarkan pencernaan dan masalah sembelit.


5. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah kurma merupakan sumber kalium yang baik, mineral yang terdapat pada kurma bisa menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh. Kalium di dalamnya bisa mengatur denyut nadi dan hipertensi. Penelitian menunjukan diet kaya kalium bisa membantu menurunkan hipertensi, mengurangi risiko stroke, dan menjaga kesehatan jantung.

6. Mencegah penyakit mata

Senyawa dalam buah kurma dapat membantu menghentikan perkembangan penyakit mata karena faktor usia. Dalam penelitian kurma mengandung sumber kuat lutein dan zeaxanthin, yang merupakan jenis karotenoid yang terdapat pada jaringan mata dan memiliki sifat antioksidan. Senyawa ini bisa mencegah katarak dan degenerasi makula.

7. Meningkatkan sistem saraf

Buah kurma mengandung vitamin B1, B2, dan B3 (niasin) tingkat sedang, serta vitamin B6, yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin B setiap hari. Vitamin tersebut sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem saraf.

8. Memperkuat tulang

Mengonsumsi kurma mengandung mineral seperti magnesium, kalsium, seng, fosfor setiap hari bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang dan  mencegah osteoporosis.




LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2