-->

Iklan Atas Artikel

8 Tips untuk Menyehatkan Sistem Pencernaan Anda


Apabila Anda mempunyai sistem pencernaan yang baik, maka tubuh Anda akan merasa nyaman. Hal ini tentu menjadi harapan semua orang. Sistem pencernaan yang bekerja dengan baik bisa membantu untuk mempertahankan kesehatan Anda. Tubuh dengan kondisi yang baik mampu menyerap banyak nutrisi yang diperoleh dari makanan yang Anda konsumsi sehingga kebutuh nutrisi terpenuhi. Namun, makanan yang salah untuk dikonsumsu atau melakukan kebiasaan buruk dapat membuat sistem pencernaan bermasalah bahkan merasa tidak nyaman.

8 Tips untuk Menyehatkan Sistem Pencernaan Anda


Cara-cara di bawah ini bisa Anda lakukan untuk membuat sistem pencernaan Anda lebih sehat. Anda bisa mengubah kebiasan buruk sebelumnya dilakukan.

1. Mengonsumsi Makanan Banyak Serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat memang wajib dikonsumsi setiap hari. Kebutuhan serat harian Anda sekitar 25 gram  bisa meningkatkan kinerja sistem pencernaan dengan baik sehingga kesehatan sistem pencernaan Anda bisa terjaga. Anda bisa terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti wasir (hemoroid), sembelit, divertikulosis, dan sindrom iritasi usus. Makanan yang banyak mengandung serat bisa membantu Anda untuk mempertahankan berat badan. Serat bisa diperoleh dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sayuran.

2. Mengonsumsi Probiotik

Pengertian probiotik adalah bakteri baik yang mirip dengan bakteri yang berada di usus Anda. Bakteri bisa membantu tubuh untuk melawan bakteri jahat, meningkatkan imunitas tubuh, menyerap nutrisi. Mengonsumsi makanan probiotik bisa membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Makanan yang mengandung probiotik seperti makanan fermentasi, yogurt, tempe, oncom, dan sebagainya.

3. Membatasi Mengonsumsi Lemak

Lemak bagian dari nutrisi yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga lemak bisa bertahan lama dalam pencernaan Anda, ketika Anda mengonsumsi makanan berlemak mungkin akan terasa lebih kenyang, dan merasa tidak nyaman. Sebaiknya Anda batasi konsumi makanan berlemak, dan mengonsumsi olahan makanan yang ditumis, direbus, dipanggang atau dikukus dibandingkan dengan olahan makanan yang digoreng atau menggunakan minyak.

4. Mengonsumsi Banyak Air

Mengonsumsi banyak air bisa membantu untuk sistem pencernaan Anda. Air yang masuk ke dalam sistem perncernaan bisa membantu memecahkan lemak dan serat yang larut dalam air sehingga dalam proses pencernaan akan lebih mudah.

5. Makan dengan Perlahan

Cara mengonsumsi juga berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan. Makan dengan cara perlahan bisa memberikan waktu untuk tubuh mencerna makanan yang masuk dengan baik sehingga nutrisi dari makanan bisa terserap semuanya oleh tubuh.

6. Jangan Tidur Langsung setelah Makan

Makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak akan dicerna dengan baik apabila dalam kondisi tertidur. Tubuh bisa mencerna makanan dengan baik apabila posisi tubuh Anda Tegak. Makan sebelum tidur bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan Anda. Jika merasa ngantuk setelah makan, sebaiknya tunggu hingga 2-3 jam  sebelum tidur. Ini artinya memberikan waktu untuk tubuh mencerna makanan terlebih dahulu.

7. Aktif untuk Bergerak

Orang yang berolahraga atau aktif cenderung memiliki sistem pencernaan yang lebih baik daripada orang yang banyak menghabiskan waktu untuk duduk. Aktif bergerak atau berolahraga bisa membantuk pergerakan makanan dalam usus. Anda bisa melakukan olahraga satu jam setelah makan.

8. Menghindari Stress

Hal lain yang bisa menyebabkan masalah untuk pencernaan Anda adalah stres. Keadaan psikologis bisa memengaruhi sistem pencernaan Anda. Dengan demikian, Anda harus menjauhi segala sesuatu yang menyebabkan stres. Coba untuk mencari cara agar stres teratasi sehingga bisa terkontrol lebih baik.


LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2