-->

Iklan Atas Artikel

Apakah prinsip makan 4 sehat 5 sempurna masih berlaku?


Mengonsumsi makanan sehat merupakan upaya yang haru dilakukan untuk kesehatan dan kebutuhan tubuh. Tidak hanya itu, keuntungan mengonsumsi makanan sehat bisa membawa efek baik untuk mood untuk aktivitas sehari-hari.

Apakah prinsip makan 4 sehat 5 sempurna masih berlaku?


Prinsip ini mungkin masih ingat di benak kita semua. Namun, tahukan Anda bahwa prinsip ini mungkin saja sudah tidak berlaku.

Prinsip makan 4 sehat 5 sempurna awalnya muncul pada tahun 1952. Pada saat itu slogan ini merupakan prinsip utama untuk hidup sehat. Seiring berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, slogan ini tidak sesuai dengan keadaan saat ini.

Kementrian Kesehatan Indonesia telah menemukan penggantinya, yaitu Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang didirikan pada tahun 2014 sehingga masih baru dan masih banyak yang belum tahu makan 4 sehat 5 sempurna tidak berlaku lagi.

Ini alasan mengapa slogan 4 sehat 5 sempurna dinilai sudah tidak digunakan lagi kemudian diganti dengan Pedoman Gizi Seimbang.

1. Makan makanan sehat saja tidak cukup

Dulu masih mengganggap makan 4 sehat 5 sempurna adalah pegangan untuk melakukan hidup sehat, artinya setiap makan harus ada makanan pokok, kemudian lauk pauk protein nabati dan hewani, sayur, buah, dan susu sebagai penyempurna.

Faktanya, makanan bukan alasan satu-satunya penentu kesehatan seseorang. Makanan sehat tidak cukup untu menjaga kebugaran kesehatan secara keseluruhan. Dalam pedoman yang baru ini, olahraga rutin, mengatur posri makan, dan menjaga kesehatan lingkungan yang harus dilakukan untuk prinsip kehidupan yang sehat.

2. Susu pelengkap nutrisi

Minum susu memang tidaklah wajib, tetapi minum susu baik dimasukkan dalam menu untuk Anda yang ingin melakukan diet sehat. Susu sangat membantu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi setiap hari. Susu rendah gula dan lemak, bisa menjadi pilihan terbaik  untuk menjaga asupan rendah gula dan lemak harian Anda setiap hari.

3. Porsi makanan

Dalam slogan makan makanan sehat yang lama, tidak ada aturan dan ketentuan seberapa banyak Anda makan setiap hari. Padahal, porsi makan merupakan hal yang penting untuk Anda mencegah kegemukan dan berbagai macam penyakit. Pada Pedoman Gizi Seimbang Anda bisa mengetahui  pembagian porsi menu makanan sehat setiap hari.


4. Makanan harus bervariasi

Semakin banyak bahan makanan yang sehat, maka semakin baik kandungan gizinya, dalam Prinsip Gizi Seimbang diharuskan untuk mengonsumsi beragam makanan sehat.

Artinya tidak hanya bergantung pada satu jenis makanan saja, seperti makanan pokok Anda bisa menggantinya dengan ubi, jagung, mi, dan kentang, sedangkan di dalam prinsip yang lama tidak terdapat pesan ini.

5. Minum air yang banyak

Di dalam prinsip makan 4 sehat 5 sempurna, tidak disampaikan untuk mengonsumsi air mineral, padahal kebutuhan cairan sangat penting untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh. Air yang baik untuk dikonsumi adalah air mineral. Oleh karena itu, Pedoman Gizi Seimbang  sangat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas dalam satu hari atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2