-->

Iklan Atas Artikel

Bisa Mengobati Kanker Manfaat Tempe Makanan Murah Kaya Gizi

Manfaat Tempe Makanan Murah Kaya Gizi


Tempe adalah makanan ciri khas Indonesia yang berasal dari kedelai yang difermentasi. Banyak nutrisi pada tempe. Dalam tempe banyak kandungan vitamin dan mineral dan protein yang tinggi. Tempe merupakan pengganti produk daging yang baik.


Di dalam 100 gram tempe terdapat:

- 11 gram lemak
- 196 kalori
- 3 gram lemak jenuh
- 0 kolesterol
- 18 gram protein
- 0 gula
- 0,4 mg vitamin B2
- 2,1 mg niacin
- 0,2 mg B6
- 21 mikrogram folat
- 0,5 mg asam pantotenat
- 0,1 mg tiamin
- 0,1 mikrogram vitamin
- 0,3 mikrogram B12
- 1,3 mg mangan
- 0,5 mg tembaga
- 253 mg fostor
- 77 mg magnesium
- 2 mg besi
- 401 mg potassium
- 96 mg kalsium
- 1,6 mg seng
- 14 mg sodium

Selain kandung tempe yang sangat bermanfaat, di bawah ini beberapa manfaat tempe untuk kesehatan tubuh:

1. Tempe mengandung probiotik

Tempe yang diproses melalui cara fermentasi akan memberikan efek peningkatan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat apalagi diimbangi dengan pola makan dan konsumsi gula secara teratur. Bahkan, mengonsumsi sayuran yang telah difermentasi akan membantu mengobati kandida dalam usus. Mengonsumsi probiotik akan menciptakan lapisan perlindungan bagi usus seperti E.coli dan salmonella. Probiotik membantu memecah gula dalam tubuh, memecah karbohidrat, dan sangat membantu terhadap sistem pencernaan.

2.Tempe dapat mengurangi kolesterol

Niacin  dalam tempe dapat digunakan sebagai pengobatan penting untuk membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi yang berbahaya dalam tubuh. Niacin atau vitamin B3 telah terbukti mengurangi penyakit kardiovaskular dengan campuran dislipidemia. Displidemia merupakan peningkatan kolesterol plasma, trigliserida atau keduanya.

University of Kansas Medical Center pada penelitiannya tahun 2011 telah menemukan suplemen niacin dapat mengurangi kolesterol secara alami untuk mereka yang berada pada peningkatan risiko serangan jantung dengan kadar LDL yang tinggi, dan mapu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah.

3. Tempe meningkatkan kepadatan pada tulang

Mineral yang terdapat pada tempe sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Vitamin, Kalsium, vitamin D dan K adalah mineral yang mampu mempertahankan kepadatan pada tulang. Banyak Mineral lain yang terdapat dalam tempe yang merupakan kandungan tembaga yang berfungsi dalam pertumbuhan tulang, jaringan ikat, dan pertumbuhan otot.

4.Mengurangi menopause

Isoflavon dalam tempe bermanfaat untuk obat alami untuk meringankan menopause. Pada tahun 2000, Masyarakat Menopause Amerika Utara menyatakan tujuan untuk mengembangkan pendapat berbasis bukti tentang peran isoflavon untuk kesehatan menopause. Setelah mengevaluasi penelitian pada manusia dan hewan, efek kesehatan  paling meyakinkan dikaitkan dengan isoflavon pada lipid. Fungsi biologis utamanya lipid mampu menyimpan energi, memberi sinyal, dan bertindak sebagai komponen-komponen struktural membran sel.

5. Mengobati penyakit inflamasi dan kanker

Senyawa polifenol yang ditemukan dalam produk kedelai, merupakan senyawa yang penting menghambat angiogenesis. (Angiogenesis merupakan proses fisiologis di mana pembuluh darah baru menggantikan pembuluh darah lama). Hal ini merupakan proses yang sangat normal dan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, manfaat penggunaan angiogenesis inhibitor telah menjadi populer dalam mengobati kanker). Hasil penelitian menunjukkan bahwa isoflavon yang diisolasi dari tempe dapat menjadi alat penting untuk pengobatan kanker dan penyakit inflamasi.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2