-->

Iklan Atas Artikel

7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ekstrim

7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ekstrim

Berbicara soal menurunkan berat badan, tentu banyak orang beranggapan untuk melakukan diet ketat dan berolahraga. Mereka yang ingin berkomitmen menurunkan berat badan akan berusaha untuk mencoba untuk diet dan berolahraga.

Cara Menurunkan Berat Badan


Bagaimana apabila ada cara yang mudah untuk menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet ekstrim. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang bagus tanpa melakukan diet dan olahraga.

1. Menggunakan piring kecil saat makan makanan kurang sehat

Ukuran piring ternyata bisa memengaruhi porsi makanan Anda. Melansir dari International Journal of Obesity, ternyata pandangan mata bisa menciptakan ilusi optik pada otak. Ukuran piring yang besar dalam porsi makan besar membuat makanan terlihat sedikit sehingga selalu muncul untuk mengambil porsi makanan yang lebih banyak, sedangkan ketika menggunakan piring kecil makanan akan tampak banyak walaupun jumlahnya sedikit. Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsi makanan seperti junk food, Anda bisa menggunakan piring yang lebih kecil, dan menggunakan piring yang lebih besar jika makan makanan sehat.

2. Mengunyah pelan-pelan

Cara mengunyah juga bisa mempengaruhi untuk menurunkan berat badan. Mengunyah dengan cara perlahan bisa meningkatkan hormon  dan mengontrol nafsu makan. Setelah makan tubuh akan bereaksi menekan hormon ghrelin untuk mengendalikan rasa lapar.

3. Menghindari makanan tak sehat dari pandangan mata

Ini adalah panduan menurunkan berat badan, jadi Anda harus benar-benar memperhatikan makanan yang masuk ke tubuh setiap hari. Anda tidak hanya menghindari makanan yang tidak sehat, menurut International Journal of Obesity 2015 melihat makanan yang tak sehat di sekitar Anda bisa meningkatkan keinginan untuk makan dan memicu rasa lapar.


4. Mengonsumsi makanan kaya protein untuk menurunkan berat badan

Protein mempunyai efek yang kuat untuk Anda merasa lebih kenyang dan mengurangi lapar serta membantu mengurangi konsumsi kalori. Hal ini bisa terjadi karena protein mampu mempengaruhi hormon untuk merasa lebih kenyang. Jadi, Anda bisa mulai mengonsumsi telur, oatmeal, roti gandum, dada ayam, ikan, salad, buah-buahan, yogurt, dan kacang-kacangan.

5. Minum air putih sebelum makan

Menurut penelitian International Journal of Obesity 2010, minum air setengah liter  30 menit sebelum makan bisa mengurangi rasa lapar dan kalori yang masuk. Hasil penelitian orang yang rutin minum air 30 menit sebelum makan selama 12 minggu bisa menurunkan berat badan hingga 44%.

6. Menghindari gadget Saat makan

Menurut penelitian dari lembaga yang sama orang yang terbiasa makan sambil menonton televisi atau bermain handphone porsi makannya meningkat 10 persen, dan asupan kalori lebih banyak hingga 25 persen.

7. Istirahat cukup untuk menghindari stres

Stres bisa menyebabkan berat badan naik, menurut psikiater Dr. Charlie Seltzer. keadaan stres respons tubuh adalah meningkatkan hormon kortisol yang dikeluarkan kelenjar adrenalin yang meningkat karena tubuh merespons adanya suatu ancaman, ketika stres hormon tersebut akan merangsang rasa lapar.

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2