-->

Iklan Atas Artikel

Cara Menurunkan Hipertensi Tanpa Obat


Cara Menurunkan Hipertensi Tanpa Obat


Seseorang bisa disebut mempunyai tekanan darah tinggi atau disebut hipertensi bila tekanan darahnya mencapai 130/90 mmHg lebih. Tekanan darah tinggi melebihi angka tersebut jangan sampai dibiarkan. Jika hipertensi dibiarkan, risiko penyakit seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, kerusakan pada mata, bahkan sampai penurunan fungsi otak.


Sebenarnya banyak upaya yang bisa dilakukan melalu gaya hidup untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mulai dari mengatur pola makan dan aktivitas bisa mempengaruhi hipertensi. Selain itu, gaya hidup seseorang bisa efektif seperti penggunaan obat untuk menurunkan hipertensi.
Perubahan gaya hidup yang efektif dan konsisten, tidak dilakukan secara besar-besaran melainkan komitmen dalam menjalaninya.

Di bawah ini contoh perubahan gaya hidup sederhana yang bisa dilakukan untuk menurunkan hipertensi:

1. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan adalah salah satu yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, kegemukan bisa menyebabkan tidur seseorang mengalami apnea tidur (napas berhenti sesaat), kondisi seperti ini bisa menyebabkan hipertensi lebih tinggi.

Salah satu cara orang gemuk yang mengalami hipertensi adalah menjaga pola makan yang sehat, tidak makan berlebihan, karena cara ini merupakan cara efektif, misalnya seseorang yang mengalami kegemukan bisa menurunkan berat badan 1 kg, bisa mengurangi tekanan 1 mmHg.

2. Menjaga lingkar pinggang

Perlu diketahui juga menjaga lingkar pinggang untuk tetap ideal. Penumpukan lemak diperut adalah penyebeba hipertensi. Oleh karena itu usahkan agar lingkar pinggang untuk orang Asia 80 cm pria dan tidak melebihi 90 cm untuk wanita.


3. Berolahraga secara rutin

Mungkin Anda merasa bosa ketika mendengar kata olahraga, orang yang ingin sehat tergantung juga dengan rutinitas olahraga. Untuk Anda yang mengalami hipertensi disarankan untuk berlolahraga 30 menit setiap harinya, maka hipertensi akan menurun sebanyak 5 sampai 8 mmHg.
Jenis olahraga yang bisa dilakukan mulai dari jalankaki, jogging, bersepeda, dan berenang. Anda bisa mengkombinasikan olahraga ini dengan olahraga angkat beban sebanyak dua kali dalam satu minggu.

4. Pola makan sehat 

Menu makan harian yang sehat untuk menurunkan darah tinggi seperti mengonsumsi buah-buahan, biji-bijian utuh, dan bisa minum susu rendah lemak. Luar bisanya ketika Anda mampu menjaga pola makan yang seimbang bisa menurunkan tekanan darah hingga 11 mmHg.

5. Kurangi konsumsi garam

Mengurangi konsumsi garam adalah faktor yang selanjutnya yang tidak boleh diabaikan ketika Anda berusaha untuk menurunkan tekanan darah tingi. Anda hanya bisa mengonsumsi garam 2300 mg dalam sehari, alangkah baiknya jika Anda mengonsumi kadar garam menjadi 1500 mg perhari. Menjaga kadar garam dalam menu makanan setiap hari mampu secara efektif menurunkan tekanan darah hingga 5 mmHg.

6. Berhenti merokok

Penderita hipertensi  yang berhenti merokok merupakan upaya untuk mengendalikan tekanan darah tinggi, tidak hanya  itu efek berhenti merokok bisa memberikan efek kesehatan pada keseluruhan.

7. Mengurangi asupan kafein

Masih menjadi perdebatan mengenai efek mengurangi kafein untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi orang tidak terbiasa minum kopi, kafein bisa saja membuat Anda mengalami tekanan darah tinggi.

8. Mengendalikan stres

Kondisi seseorang dengan kondisi stres yang berkepanjangan akan berpengaruh meningkatnya terhadap tekanan darah tinggi. Anda jangan sampai terjebak dalam kebiasaan buruk, setidaknya luangkan waktu untuk memanjakan diri, mengurangi beban pikiran, melakukan hobi, berbincang dengan teman dan keluarga serta banyak hal positif yang bisa dilakukan.

Jika cara menurunkan gaya hidup masih kurang efektif untuk menurunkan hipertensi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, untuk mencari tahu obat yang cocok menurunkan hipertensi.



LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2