-->

Iklan Atas Artikel

Cara Mudah Website Muncul di Halaman Pertama Google

Search Engine Optimization (SEO) merupakan cara yang bertujuan untuk mengoptimalkan agar trafik website atau blog berada pada halaman pencarian utama search engine. Dikutip dari Wikipedia, SEO merupakan proses secara sistematis yang bertujuan meningkatkan kualitas dan volume trafik visitor melalui search engine dengan menggunakan dan memanfaatkan algoritma khusus. Sebagai contoh apabila blog atau artikel berada pada halaman pertama pencarian google maka peluang datangnya visitor sangat besar. Jika banyak pengunjung yang datang ke website tertentu, maka semakin banyak keuntungan yang didapat oleh pemilik website, semakin terkenal, dan mungkin website Anda dibaca banyak orang.

Cara Mudah Website Muncul di Halaman Pertama Google

1. Optimalisasi Kecepatan Website

Website dengan kecepatan lambat atau loading saat dilihat orang itu merupakan masalah yang utama. Ini merupakan salah satu alasan website atau blog Anda tidak muncul pada halaman pertama google. Kecepatan akses website bisa dipengaruhi banyak faktor seperti ukuran gambar yang besar, gambar dengan dimensi yang besar, script yang telalu berlebihan, tidak memerhatikan cache dan banyak hal lainnya.

2. Optimalisasi Gambar

Gambar dengan ukuran besar sangay memengaruhi kecepatan website. Anda harus melakukan optimalisasi 70-80 persen dari ukuran aslinya. Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengompresi gambar seperti JPEGMini atau Imageoptim. Pastikan Anda menggunakan gambar berformat JPEG/JPG atau PNG. 

3. Optimalisasi Cache Browser

Harus diperhatikan Chache browser untuk membuat website atau blog memiliki kecepatan tinggi. Fungsi dari cache browser untuk menyimpan hal yang pernah diakses. Untuk pengguna WordPress, sebaiknya gunakan plugin W3 Total Cache atau semacamnya.

4. Optimalisasi Script Website

Hal ini merupakan suatu masalah dan berpengaruh terhadap kecepatan website. Anda mungkin pernah berkunjung ke website dengan tampilan yang bagus tetapi loadingnya lama. Secara tampilan bisa dilihat dan terkesan bagus dilengkapi video, javascript, warnanya mencolok dan meranik, tetapi ketika anda mulai akses kecepatannya lama. Anda seharusnya menggunakan CSS dan Javascript secara tidak berlebihan, untuk para programmer Anda bisa memperkecil ukuran scriptnya.

5. Optimalisasi Mobile


Tidak hanya melakukan optimalisai akses website. Anda juga harus bisa mengoptimalisasi untuk pengguna smartphone. Google sendiri sudah menerapkan Mobile First Indexing atau MobileSEO, hal itu digunakan guna menentukan peringkat website berdasarkan kualitas versi mobile. Kualitas ini bisa dilihat dari tampilan versi mobie, performa, dan konten saat dibuka pada browser.


Kesimpulan

Cara mudah agar website Anda muncul di halaman pencarian Google yaitu dengan melakukan optimalisasi akses atau kecepatan website, mobile, dan konten. Kombinasi dari ketiga hal itu besar kemungkinan website Anda bisa berada di halaman pertama google.

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2