-->

Iklan Atas Artikel

Khasiat Daun Sirih untuk Penyakit Diabetes

Khasiat Daun Sirih untuk Penyakit Diabetes



Masyarakat hanya mengenal daun sirih sebagai bahan pembersih daerah kewanitaan. Padahal lebih dari itu daun sirih mempunyai khasiat yang luar bisa seperti bisa mengobati penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat seperti diabetes. Kandungan yang luar biasa dalam daun sirih seperti niasin, riboflavin, vitamin C, tiamin, dan karoten yang dipercaya mampu memelihara kesehatan.

Dalam daun sirih juga mengandung komponen kimiawi dan minyak atsiri bahan-bahan seperti minyak sirih dan chavicol, eugenol, betelphenol, terpene, dan campene. Kandungan kimiawi tersebut bisa dimanfaatkan sebagai obat perawatan dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Daun sirih mempunyai ciri fisik berwarna hijau kegelapan dan berbentuk menyerupai hati, banyak negara-negara yang membudiyakan tanaman ini seperti India, Sri Lanka, Malaysia, Filipina, Afrika Timur, dan Indonesia.

Selain mempunyai ciri fisik dan bentuknya yang berbeda dari daun lain, aroma dari daun ini menyengat dan khas.

Dilihat dari sejarahnya sejak 400 tahun sebelum masehi, orang dulu memanfaatkan daun sirih sebagai obat luka, di zaman modern kini daun sirih dipercaya bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh sehingga bisa mengobati penyakit diabetes tipe 2.

Dilansir dari Style Craze, daun sirih mampu membantu proses penyembuhan luka terhadap penderita diabetes tipe 1.

Kandungan dalam daun siri terdapat polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk memperbaiki sel yang rusak dalam tubuh.

Fakta mengejutkan yang disampaikan oleh ahli herbal dr. Inggrid Tania, M. Si. dalam acara Hidup Sehat di TV One mengatakan bahwa sebenarnya daun sirih hijau atau merah bisa mengobati penyakit diabetes, Rabu 1 Juli 2020, dikutip dari Viva.co.id.

Inggrid menegaskan bawah daun sirih merah lebih kuat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, kemudian Inggrid memberikan cara untuk membuatnya. 

1. Sediakan air sekitar 200 ml
2. Cuci dan iris-iris daun sirih merahnya
3. Cukup 1 daun untuk 200 ml air
4. Rebus kurang lebih 30 menit

Sebagai contoh jika air yang direbus 200 ml hingga menjadi 100 ml air, menggunakan api kecil. Setelah direbus bisa diminum, dan tanpa campuran bahan lain.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2