-->

Iklan Atas Artikel

Kue Klepon Tidak Islami Cek Fakta Bahan-bahan Kue Klepon

Kue Klepon Tidak Islami Cek Fakta Bahan-bahan Kue Klepon



Berita menghebohkan muncul dari media sosial akun twitter, yang menyebutkan bahwa makanan atau jajanan tradisional yang khas dengan taburan kelapa itu tidak islami.

Jika Anda mengunjungi akun twitter  @memefess tersebut mengatakan dalam gambarnya dengan caption "Kue klepon tidak islami. Yuk Tinggalkan jajanan klepon dengan membeli jajanan islami, ganti dengan aneka kurma yang tersedia di toko kami." cuitan pemilik akun. Cuitan ini pun sudah diretweet hingga 1.3 ribu pengguna dan 1.6 ribu like dengan komentar yang dipenuhi oleh para netizen yang penasaran dengan klaim pemilik akun tersebut.

Hebohnya lagi ketika Anda mencari tulisan 'Klepon' di pencarian laman Google, kata kuncinya banyak bermunculan akan terlihat klepon bukan makanan Islami, hingga klepon haram. Bahkan salah seorang netizen pun berkomentar padahal ketika makan klepon gula merahnya pecah, dan nikmat sekali di mulut.

Terlepas menurut pendapat seseorang tersebut yang mengatakan bahwa kue klepon haram. Kue klepon merupakan kue tradisional masyarakat Indonesia yang berbentuk bulat dan berwarna hijau. Isi dari kue klepon adalah gula merah yang dibaluti kelapa yang diparut. Makan kue klepon ada sensasi tersendiri saat menggigitnya,  gula merah yang berada di dalamnya seakan-akan meleleh di mulut.

Dilansir dari buku 'Cara Membuat Kue Kelepon' oleh Siti Rochani bahan dasar yang digunakan umumnya terbuat dari tepung ketan. Selain itu, klepon bisa dipadukan dan diolah dengan ubi ungu dan kentang.

Cara membuat kue klepon:


 Bahan-bahan:

- 500 gram tepung ketan
- 1 sdt garam
- 1 sdm air kapur sirih
- 300 ml air matang
- 100 ml air endapan pandan suji

Isi klepon:

- 250 gram gula aren, sisir dengan halus

Lapisan:

- 1 sdt garam
- 200 gram kelapa parut dengan ukuran memanjang

Cara membuat klepon:

1. Lapisan, Aduk hingga rata parutan kelapa dengan garam. Kukus selama 20 menit, kemudian angkat dan dinginkan.
2. Taruh garam dan tepung keran ke dalam mangkuk atau baskom aduk hingga rata.
3. Tambahkan air endapan suji dan air kapur sirih kemudian aduk hingga rata.
4. Tuangkanlah air secara bertahap, kemudian aduk dan ulen adonan sampai kalis, catatan sesuaikan jumlah air dengan kondisi tepungnya.
5. Ambil adonan secukupnya bulatkan lalu pipihkan, tekuk ujungnya kemudian isi dengan gula aren, tutup rapat dan bulatkan kembali.
6. Bulatkan adonan supaya gula tidak bocor saat di rebus.
7. Didihkan air bersamaan dengan beberapa daun pandan, kemudian masukan bola klepon ke dalam rebusan tadi hingga mengapung.
8. Angkat dan tiriskan, lalu gulingkan ke dalam parutan kelapa hingga rata.
9. Susun kue klepon dalam daun pisang, dan kue klepon siap untuk disajikan dengan kopi atau teh.

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2