-->

Iklan Atas Artikel

Makanan Sehat untuk Konsumsi Setiap Hari

Makanan Sehat untuk Konsumsi Setiap Hari


Makanan sehat sering dianggap buruk atau tidak enak, pada kenyataannya, banyak makanan sehat yang lezat, tapi sering diabaikan. Makan makanan yang sehat memiliki banyak manfaat, termasuk perlindungan dari ancaman berbagai penyakit kronis.

Makan makanan sehat tidak terbatas pada satu atau beberapa jenis makanan. Makan berbagai makanan, Anda dapat memberikan nutrisi yang berbeda untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Dengan nutrisi lengkap, tubuh tidak akan merasa sakit dan  bisamencegah dari berbagi macam penyakit. Makanan sehat mempunyai nutrisi dalam jumlah yang cukup, termasuk mineral dan vitamin di dalamnya. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam makanan sehat untuk nutrisi lengkap. Di antara sayuran hijau, ada beberapa pilihan yang baik untuk dikonsumsi, seperti sawi, brokoli, bayam dan tinggi serat.

Selain sayur-sayuran, mengonsumsi buah-buahan juga sangat penting karena mengandung banyak vitamin. Dari sekian banyak buah-buahan, beberapa buah-buahan yang populer dan kaya nutrisi, yaitu:

1. Apel banyak mengandung serat, vitamin C dan antioksidan lainnya.
2. Jeruk, yang kaya akan vitamin C.
3. Alpukat, kaya lemak sehat, kalium dan vitamin C.
4. Pisang, sebagai sumber kalium.
5. Berry, seperti blueberry dan stroberi. Selain rendah kalori, juga kaya antioksidan dan serat.

Konsumsi makanan yang sehat juga harus tetap beragam dan memiliki gizi yang seimbang. Berikut adalah makanan sehat lainnya dari kelompok utama, selain untuk makan sayuran dan buah-buahan:

Daging dan telur

Daging merupakan pilihan yang tepat karena mengandung nutrisi. daging merah seperti sapi tanpa lemak adalah mengandung protein dan zat besi lebih tinggi dari daging-daging lain. Sementara telur diklasifikasikan sebagai salah satu makanan paling bergizi serta tinggi protein, telur juga mengandung nutrisi lengkap dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, bahkan antioksidan.


Kacang-kacangan dan biji-bijian

kelompok makanan ini adalah  makanan sehat dan penuh nutrisi seperti magnesium dan vitamin E dan bisa didapatkan dengan mudah


Ikan dan makanan laut lainnya

Berbagai makanan laut, terutama ikan, adalah makanan sehat kaya omega-3 asam lemak dan yodium. Penelitian membuktikan bahwa orang yang sering makan ikan laut cenderung memiliki risiko lebih rendah dari banyak penyakit, termasuk penyakit jantung

Susu

Susu sangat kaya akan vitamin, mineral, protein kualitas dan lemak sehat yang berasal dari hewan. Susu juga mengandung kalsium terbaik, Anda bisa mengonsumsi olahan susu sehat
laiinya seperti keju, susu fermentasi yoghurt mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan dan sehat untuk tubuh.

Selain kebutuhan untuk makan makanan sehat, kita juga harus mengenali makanan yang harus dihindari, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Pertama, makanan dan minuman hindari  dari kadar gudal yang tinggi. Hindari makan dengan porsi banyak karena akan memicu resitensi insulin dan mengakibatkan penyakit diabetes tipe 2, kemudian menghindari makanan cepat saji atau junk food seperti keripik, ayam goreng dan kentang goreng. Makanan ini tinggi kalori tetapi nilai gizi sedikit. Selain itu, makanan cepat saji dapat menyebabkan makan berlebihan. Hindarilah makanan atau minuman yang tidak sehat lainnya seperti permen, es krim, daging olahan dan keju. Namun, jika Anda ingin makan, itu harus dilakukan hanya sesekali.

Mulai makan yang sehat, diet seimbang untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Tidak bosan, Anda dapat mencoba variasi dan kombinasi dari berbagai jenis makanan sehat dalam variasi yang menarik dari biji-bijian setiap hari. Hal terpenting ketika anda melakukan pola diet yang benar dan harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2