-->

Iklan Atas Artikel

5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan
Menyegarkan pandangan dan melihat pemandangan keindahan alam menggunakan sepeda adalah hal yang sangat menyenangkan. Selain menjadi aktivitas baru, bersepeda bermanfaat untuk kesehatan.
Bersepeda bisa dilakukan oleh semua kalangan, manfaat bersepeda bisa membuat tubuh bergerak secara aktif dan energik. Tubuh yang terus bergerak aktif merupakan syarat penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Berseda, apabila dilakukan 30 menit setiap hari atau 2,5 jam setiap minggu bisa memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh.

5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Berikut 5 manfaat bersepeda apabila dilakukan secara konsisten.

1. Memperbaiki kardiovaskular atau jantung

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa bersepeda merupakan olahraga kardio yang bisa meningkatkan fungsi jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah. Bersepeda secara konsisten bisa menurunkan kadar lemak darah atau kolesterol jahat, menguatkan otot jantung, dan menurunkan hipertensi. Dengan berkurangnya kolesterol dalam darah akan mengurangi penyempitan pada pembuluh darah. Jantung akan terbiasa terlatih secara efektif dan bisa mengantarkan oksigen dan darah ke seluruh tubuh dengan baik.

2. Menguatkan otot

Bersepeda jika dilakukan secara rutin, maka bagian-bagian otot di seluruh tubuh akan terlatih, meningkatkan kekuatan otot dan fleksibel.

3. Merawat sendi

Tidak hanya otot, sendi pada tungkai dan lengan akan ikut aktif. Gerakan dalam bersepeda juga akan melatih siku, lutut, pergelangan tangan, kaki dan beberapa sendi lainnya yang memberikan manfaat secara optimal.

4. Menjaga berat badan

Bersepeda secara rutin bisa menjaga kinerja kardiovaskular dan otot Anda. Hal ini berpengaruh terhadap metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Semakin banyak kalori yang terbakar tentunya sangat baik untuk menjaga berat badan. Kebiasaan bersepeda sebaiknya diimbangi dengan pola makan yang baik untuk mencegah kegemukan.

5. Menurunkan tingkat stres

Aktivitas bersepeda bisa mengeluarkan hormon endorfin, yang berfungsi mengeluarkan rasa senang dan nyaman dalam suasana hati yang positif. Hormon endorfin juga membantu untuk mengurangi rasa sakit. Rasa nyaman yang disebabkan hormon endorfin bisa mengurangi beban pikiran Anda.

Selamat Bersepeda!

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2