-->

Iklan Atas Artikel

Manfaat Diet Keto Untuk Kesehatan

Manfaat Diet Keto Untuk Kesehatan



Diet keto merupakan diet yang menerapkan konsumsi karbohidrat dengan ukuran yang rendah, tetapi tinggi lemak. Cara ini memang sudah populer karena merupakan cara yang bisa menurunkan berat badan. Diet keto masih menjadi perdebatan di kalangan banyak orang karena bila diet ini dilakukan dengan sembarangan, maka akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Sebelum Anda menerapkan pola diet keto, sebaiknya ketahui terlebih dahulu informasi mengenai diet keto, baik secara risiko atau cara melakukannya supaya Anda bisa memahami dan  memperhitunkan jenis diet ini sesuai atau tidak dengan kondisi fisik.

Pengertian Diet Keto?

Diet keto hampir sama dengan diet Atkins, diet rendah karbohidrat dengan melakukan pengurangan konsumsi karbohidrat dan meningkatkan konsumsi lemak. Tujuan mengonsumsi lemak dalam jumlah yang tinggi, tujuan pada diet keto untuk mencapai kondisi ketosis.

Kondisi tersebut, tubuh membakar lemak kemudian dijadikan sebagai sumber energi utama, kemudian lemak akan diubah menjadi keton di organ liver atau hati sehingga energi tersebut sebagai asupan untuk otak.

Ketosis merupakan kondisi ringan dari ketoasidosis, suatu kondisi yang bisa berbahaya  untuk penderita diabetes tipe 1.

Meski diet keto masih dalam perdebatan, beberapa penelitian menunjukan diet keto tergolong aman dan efektif untuk dilakukan, terutama oleh penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

Pengaruh dan manfaat diet keto untuk tubuh masih menjadi bahan penelitian. Sebaiknya melakukan diet keto dalam waktu tertentu selalu dalam pengawasan dokter.

Manfaat Diet Keto

Sebelum Anda menjalankan diet keto untuk menurunkan berat badan, sebenarnya diet keto disarankan sebagai salah satu penanganan jenisa penyakit, terutama mengurangi serangan kejang pada anak yang mengalami epilepsi yang tidak belum berhasil ditangani dengan obat-obatan.

Beberapa manfaat dari diet keto, di antaranya:

1. Mengontrol glukosa/gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Untuk penderita diabetes tipe 2, diet keto merupakan diet yang dianjurkan selama lemak yang dikonsumsi merupakan lemak yang sehat, seperti lema yang ada pada ikan salmon, alpukat, dan kacang-kacangan.

Karbohidrat dengan jumlah rendah dengan lemak tinggi, mampu memperbaiki kinerja tubuh untuk memproses dan menyimpan energi, kemudian dapat meringankan gejala diabetes.

2. Meringankan gejala epilepsi untuk anak-anak

Menurut sejumlah penelitian, diet keto bisa meringankan gejala epilepsi pada anak. Diet ini  sangat efektif, khususnya untuk gejala epilepsi yang tidak bisa ditangani oleh obat.

Pada penelitian yang dilakukan untuk 150 anak dengan epilepsi menunjukan setelah menjalani keto selama 12 bulan, setengah dari anak-anak mengalami penurunan frekuensi kejang yang luar biasa sebanyak 50%.


3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Diet keto merupakan diet yang memperbanyak konsumsi lemak yang sehat, bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Diet keto dipercaya bisa menurunkan kadar insulin sehingga kolesterol dalam tubuh menurun.

4. Mengurangi gangguan risiko sitem saraf

Diet keto memiliki manfaat gangguan saraf misalnya Alzheimer, gangguan tidur, dan penyakit Parkinson. Hal tersebut terjadi karena keton yang dihasilkan oleh tubuh bisa menguraikan lemak menjadi energi sehingga mampu melindungi dari kerusakan sel otak.

Oleh karena itu, banyak ahli kesehatan memberi saran terhadap cara melakukan diet keto, namun tetap saja harus dijalankan dengan cara yang benar.






LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2