-->

Iklan Atas Artikel

Manfaat Olahraga Jogging untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga Jogging untuk Kesehatan


Olahraga secara rutin sangat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, banyak penelitian dilakukan membuktikan joging yang dilakukan seacara teratur bisa mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 50 persen.

Manfaat Olahraga Jogging untuk Kesehatan

Olahraga joging bisa memperkuat otot jantung dan pembuluh darah, melancarkan sirkulasi darah, serta membuat kinerja jantung lebih optimal, tidak hanya jantung banyak sekali manfaat yang didapat ketika kita mulai joging tentunya joging dengan porsi yang baik, seperti:

1. Tulang

Dengan joging secara rutin membuat tulang dan sendi akan terhindar dari penyakit tulang seperti osteoarthritis.

2. Paru-paru

Joging merupakan olahraga yang membutuhkan oksigen lebih banyak daripada tidak melakukan aktivitas, oksigen yang dihirup lebih banyak, semakin dilatih kualitas paru-paru akan lebih baik.

3. Otak

Tak hanya untuk organ lain, joging bisa memberikan efek positif untuk kesehatan otak. Otak akan menerima banyak neuron dan tumbuh sel otak baru ketika mulai berolahraga, joging juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan otak menghindari dari kepikunan atau Alzheimer.

4.Psikologi Ketika Joging

tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang memicu perasaan senang atau bahagia. Setelah olahraga joging, Anda meraskan, mengalami euforia (kebahgiaan) yang sering disebut sebagai runner’s high akibat kadar endorfin meningkat.Joging yang secara teratur juga akan meningkatkan kesehatan kejiwaan. Joging sangat disarankan untuk orang yang mengalami depresi,stres,dan putus asa.

5. Imunitas Tubuh

Sistem kekebalan tubuh ketika Joging juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tubuh akan menjadi lebih bugar dan dapat manahan infeksi seperti influenza. Hal ini tersebut disebabkan oleh peningkatan kekuatan fisik dan banya memproduksi sel darah putih setelah joging.Namun, harus diperhatikan olahraga berlebihan justru akan melemahkan imunitas tubuh.

6.Kegemukan

Olahraga Joging bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi rasa lapar, dan meningkatkan metabolisme tubuh. secara tidak langsung dengan melakukan joging lemak yang terbakar akan lebih banyak apabila dilakukan dengan cara yang tepat.

Jadi, mulai dari sekarang mulailah berolahraga joging bisa dimulai di pelataran rumah hingga durasi yang lebih banyak di tempat olahraga atau track khusus.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2