-->

Iklan Atas Artikel

Manfaat Tren Makan Nasi Shirataki untuk Kesehatan


Untuk orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila makanan atau menu tertentu tidak dilengkapi dengan nasi. Tapi sayangnya untuk seseorang dengan kondisi kesehatan yang berbeda mungkin makan nasi tidak berlaku, misalnya untuk penderita obesitas atau diabetes melitus harus mengurangi nasi dalam makanan sehari-hari.

Namun, tidak perlu khawatir, sekarang tren nasi shirataki yang katanya bagus untuk kesehatan dan tidak membuat berat badan  naik secara drastis. Benarkah nasi shirataki bagus untuk diet?

Akhir-akhir ini nama nasi shirataki menjadi populer di Indonesia. Katanya nasi shirataki bisa mengganti nasi putih dan lebih enak dari beras merah cocok untuk melakukan diet sehat.

Nasi shirataki dilansir dari berbagai sumber mengandung 0 kalori, 0 karbohidrat, 3 gram serat dalam satu porsi, dan mengandung glukomanan, yaitu serat alami yang mampu larut dalam air. Inilah yang menjadi keuunggulan nasi asal jepang sebagai pengganti nasi yang dikonsumsi banyak orang.

Shirataki menjadi alernatif untuk diet sehat selain bebas kalori, nasi ini tidak mengandung gluten dan kedelai dan cocok bagi orang yang merasa alergi dengan kacang kedelai dan gluten.

Porsi Ideal untuk Nasi Shirataki?

Namun, saat ini belum ada penelitian yang membuktikan tentang keunggulan nasi shirataki, untuk jumlah ideal porsi shirataki pun masih menjadi perdebatan. Walapun  nasi shirataki mengandung sedikit kalori, Anda jangan sampai berlebihan mengonsumsi nasi ini untuk diet sehat.

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut tentang nasi shirataki ini, tetap saja apabila anda ingin mengonsumsi nasi ini haru diimbangi dengan lauk pauk sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, dan sumber serat lainnya.

Manfaat Nasi Shirataki untuk Keshatan


1. Menurunkan Berat Badan


Nasi shirataki ternyata mampu mengenyangkan, karena seratnya yang mudah larut dalam air, serta bisa menekan nafsu makan saat dikonsumsi. Serat nasi shirataki bisa menunda rasa lapar.

2. Menurunkan Kadar Gula

Penderita diabetes yang mengonsumsi nasi shirataki akan memicu kadar gula dan insulin naik secara bertahap, sehingga dapat menunda pengosongan dalam lambung, sedangkan kadar fruktosamin dalam tubuh akan berkurang secara signifikan.

3. Mengatasi Masalah pencernaan

Glukomanan dalam nasi shirataki berfungsi menumbuhkan bakteri baik untuk usus sehingga memberikan manfaat untuk orang yang mengalami sembelit atau gangguan pencernaan.


4. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi nasi shirataki ternyata secara tidak langsung kandungan dalam nasi shirataki tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang dibuang lewat pencernaan.

Jadi, nasi shirataki baik untuk dikonsumsi, tapi tidak untuk jangka panjang dan tanpa lauk. Sebaiknya selalu konsultasi dengan dokter, karena setiap orang mempunyai kondisi kesehatan yang berbeda.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2