-->

Iklan Atas Artikel

Penyebab dan Cara Mencegah Kebotakan

Penyebab dan Cara Mencegah Kebotakan



Botak merupakan kondisi rambut pada kulit kepala dan di bagian tubuh yang lain hilang secara berlebihan. Istilah kebotakan biasa disebut dengan alopecia. Kebotakan bisa dialami oleh pria. Kebotakan disebabkan oleh banyak hal, bisa saja karena faktor genetik, paparan zat kimia, atau penyakit tertentu, diteksi awal kebotakan dan bisa diobati dengan cara yang tepat.

Penyebab Kebotakan


Sebagan orang akan kehilangan 50-100 helai rambut setiap hari, hal tersebut merupak hal yang wajar dan normal, apabila kerontokan rambut melebihi nilai tersebut maka segeralah untuk mencari solusinya.

Banyak penyebab seseorang mengalami kebotakan secara berlebihan:


1. Keturunan

Faktor keturunan adalah hal yang paling sering terjadi pada kasus kebotakan karena genetik keadaan seperti ini merupakan keadaan dengan pola kebotakan yang khas atau disebut engan androgenic alopecia.

2. Hormonal

Kondisi yang dialami seseorang karena perubahan hormon dalam tubuh bisa menyebabkan kerontokan, seperti kehamilan, melahirkan, gangguan tiroid, dan menopause dan kondisi tersebut bersifat sementara.

3. Penyakit Tertentu

Beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan kebotakan seperti autoimun, infeksi jamur pada kepala (tinea capitis), dan trikotilomania atau gangguan mental.

4. Obat-obatan

Efek samping obat-obatan seperti obat untuk kanker, depresi, hipertensi, dan penyakit jantung.Jika kerontokan atau kebotakan terjadi setelah mengonsumsi obat-obatan tersebut maka segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

5. Radio Terapi

Terapi radiasi atau radio terapi bisa juga menyebabkan kebotakan terutama bagian kepala atau leher, dan hal tersebut hanya bersifat sementara.

6. Penataan Rambut

Menata rambut terlalu sering dengan cara menarik bagian rambut bisa menyebabkan kebotakan, jenis ini sering disebut traction alopecia. Selain itu, terlalu banyak mewarnai rambut atau mengeriting bisa juga menyebabkan kebotakan.


Hal-hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan kebotakan:


1. Biarkanlah rambut tumbuh alami.
2. Jangan mengepang atau mengikat rambut terlalu kencang.
2. Jangan terlalu sering keramas.
3. Pilih produk rambut atau sampo dan cat rambut dengan tepat.
4. Jangan terlalu sering mengeriting, meluruskan rambut berlebihan terutama dengan alat panas.
5. Gunakan sisir saat rambut kering.
6. Hindari rambut dari paparan sinar matahari yang berlebih.



LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2