-->

Iklan Atas Artikel

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis di Blog

Kegiatan atau kemampuan menulis merupakan hal yang penting. Baik untuk mahasiswa, siswa, ataupun karyawan. Bagi Anda yang melakukan bisnis online misalnya menjadi seorang blogger atau yang bekerja di bagian pemasaran online. Walapun dikatakan penting, banyak orang yang masih kesulitan dalam menulis, penyebab terbanyaknya adalah kesulitan dalam menemukan dan menentukan ide tulisan, tidak tahu apa yang mesti ditulis, dan kurangnya percaya diri.

Bila Anda mengalami hal seperti itu, Anda tidak boleh berputus asa. Dalam postingan kali ini admin akan berbagi tips 5 cara meneningkatkan kemampuan menulis di blog, agar Anda bisa menjadi penulis yang hebat.

5 Cara Meningkatkan Kemampuan menulis di Blog

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis di Blog

1. Eksperimen
Tahukah Anda? bahwa pekerjaan menulis membutuhkan skill, hal ini bisa diperoleh dari hasil latihan atau kebiasaan menulis yang dilakukan setiap hari. Anda harus sering berlatih menulis. Lakukan eksperimen misalnya Anda menulis setiap hari selama 2 minggu sampai 1 bulan. Ketika Anda mencoba melatih menulis, gunakan dengan topik yang ringan terlebih dahulu atau menggunakan diary, misalnya Anda menulis tentang aktivitas hari ini, besok, dan selanjutnya. 

Anda bisa memanfaatkan blog, memindahkan setiap diary yang ditulis. Mungkin dari diary tulisan Anda bisa memberikan manfaat untuk otang lain. Anda tidak perlu khawatir bila belum bisa membuat blog, karena untuk saat ini membuat blog adalah hal yang tidak sulit, banyak tutorial mengenai cara membuat blog, Anda bisa mencarinya di Google pencarian, atau Youtube.

2. Membaca Buku
Aktivitas menulis merupakan aspek kebahasaan yang tidak terlepas dengan membaca. Semakin Anda banyak membaca referensi atau buku, maka pengetahuan Anda semakin bertambah. Selain itu pembendaharaan kata akan meningkat. Dua hal itu akan membantu untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda.

Untuk mempermudah ide dalam tulisan, sebaiknya Anda membaca buku yang berhubungan dengan profesi sekarang. Misalnya, Anda bekerja sebagai seorang guru. Maka, buku-buku tentang pendidikan perlu Anda baca.

3. Mulai Menulis
Jika Anda memerhatikan vlog yang sedang menjamur baik di Instagram ataupun Youtube. Nah, hal ini bisa dilakukan dalam membantu Anda menulis dengan bahasa vlog.  Maksudnya Anda menentukan topik terlebih dahulu, setelah itu membuat judul dan kerangka tulisan yang berisi hal apa saja yang bisa Anda lakukan. Bahasa yang digunakan dalam tulisannya mengunakan bahasa sehari-hari dan tidak kaku. Pengunjung cenderung lebih memilih bahasa yang mudah dipahami, seperti apa yang dilakukan seorang vlogger.

 4. Teknik Menulis dengan Tanya Jawab
Teknik menulis denga tanya jawab bisa meningkatkan kemampuan menulis Anda. Misalnya bisa membayangkan sedang diwawancari. Anda bisa menulis dengan terlebih dahulu membuat pertanyaan atau masalah yang akan dibahas. Para membaca biasanya mengunjungi tulisan atau blog ingin mendapatkan sebuah jawaban, dan menjawab persoalan yang dialaminya.

5. Teknik Menulis dengan Gaya Presentasi
Menulis dengan gaya presentasi bisa Anda lakukan, bayangkan Anda sedang presentasi di depan teman Anda, menyampaikan informasi layaknya sedang presentasi, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang telah dikumpulkan seperti gambar, data, dan sebagainya. Hal ini bisa memberikan respons terhadap pembaca ketika mencari informasi yang lengkap.

Demikian 5 cara untuk meningkatkan kemampuan menulis blog Anda, mulai menulis sekarang juga, perlu diingat Anda harus banyak membaca dan berlatih dalam menulis dan mengetahui teknik menulisnya sesuai dengan karakter Anda. Semoga bermanfaat!

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2