-->

Iklan Atas Artikel

Kekurangan dan Kelebihan Template Gratisan

Banyak pertanyaan mengenai template yang digunakan khususnya untuk blogger pemula. Template dalam dunia blogger bisa memberikan efek yang baik apabila template tersebut memenuhi kriteria SEO, namun apakah template gratisan bisa memberikan efek SEO? ada blogger dengan senang hati membeli template premium karena ingin menaklukkan SEO yang memenuhi struktur tag dan optimasi secara maksimal, tapi sayangnya template premium tidak semua orang bisa membelinya, dan harganya pun terbilang cukup mahal untuk blogger pemula.

Kekurangan dan Kelebihan Template Gratisan


Apa yang menjadi perbedaan antara template premium dan gratisan yang banyak dijumpai di internet? Apakah cukup mengandalkan template premium saja untuk kemajuan blog?Admin akan sedikit memberikan informasi dan perbedaan antara keduanya sebelum Anda memberikan keputusan untuk membeli template premium atau memilih template gratisan saja.

Premium dan Template Gratisan

Admin tidak berani menyimpulkan bahwa untuk template gratisan yang dibuat oleh seseorang memiliki efek yang baik atau sebaliknya, template gratisan umumnya hanya mendesain secara tampilan saja, namun secara SEO belum tentu optimal. Anda mempunyai kebebasan dalam menentukan hal ini, baik template bawaan blogger maupun template gratisan.

Kelebihan template gratisan

Jika anda menggunakan template gratisan, maka Anda akan terbebas dari biaya apapun, dan bisa mendownloadnya banyak di internet secara gratis, sebagian banyak blogger ada yang menganggap remeh template gratis, tetapi pada kenyataanya tidak seperti itu. Bisa saja template gratis mempunyai kualitas premium asalkan dalam proses pembuatannya telah memeriksa dan menguji setiap elemen yang ada dalam template tersebut seperti HTML, CSS, struktur SEO-nya, dan keamanan template.

Admin bisa mengatakan tidak semua template gratisan mempunyai desain yang buruk, banyak sekali template gratis yang SEO friendly bagus dan ramah untuk mobile, hal penting melakukan pengecekan sebelum memasangnya ke dalam blog. Pengecekan bisa dilakukan misalnya dengan menguji kecepatan di GTmetrix, menguji script yang memblokir perenderan google bot di Google Page Speed Insight, cek template melalui Google Webmaster Tools dan lain-lain.

Kekurangan template gratisan

Dibalik kelebihan tentunya ada kekurangan. Banyaknya template gratisan yang ada di internet, Anda harus cermat dalam memilih dan melakukan pengecekan sebelum memasangnya ke blog. Bagi sebagian orang template gratis tidak memberikan dampak negatif untuk blog, namun sebagian webmaster menyadari bahwa template yang digunakan tidak SEO friendly sehingga menjadi halamangan mereka di halaman pencarian Google. 

Jika melihat fitur dari template gratisan, di bagian footer kebanyakan ada credit link si pembuat template yang tidak boleh dihapus, jika dihapus oleh pengguna maka akan terjadi error/redirect. Tidak ada support, desain template gratis biasanya jarang sekali diberikan  update untuk menjawab error/bug yang dikeluhkan oleh pengguna, sebab eror akan diperbaiki sepenuhnya oleh pengguna template gratisan tersebut. 

Tak heran template gratisan beredar di pasaran dengan versi gratis, dari segi desain banyak website dengan tampilan sama persis, dan tidak ada jaminan ketika template dibagikan ke publik dengan struktur data dan testing tool google 100%, fast loading, SEO friendly  dan lain-lain. Yang lebih bahaya lagi pemilik template bisa menanamkan script khusus yang ada dalam template yang bisa memberikan backlink secara tersembunyi yang menggunakan kode enkripsi sehingga akan sulit untuk mengeditnya.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2