-->

Iklan Atas Artikel

Makna Kemerdekaan untuk Bangsa Indonesia


Kemerdekaan Republik Indonesia berhasil diraih setelah melalui proses panjang dan pertumpahan darah dari semua pejuang-pejuang terbaik Indonesia. Indonesia mendapatkan kemerdekaan itu tidak diraih dalam satu hari, bangsa Indonesia berada dalam jeratan penjajahan dan penyiksaan.

Jelasnya, setiap bangsa dan negara mempunyai hak untuk hidup merdeka. Tidak hanya itu, negara yang merdeka bisa meningkatkan kecerdasan bangsanya. Dengan demikian, makna dan arti kemerdekaan untuk negara Indonesia sangat mahal harganya.

Makna kemerdekaan untuk bangsa Indonesia terbebas dari penjajah, dan upaya untuk memperjuangkan nasib negaranya. Saat proklamasi kemerdekaan, Indonesia telah membangun dan memutuskan bahwa negerinya tidak mau ada campur tangan dari negara-negara lain, seperti dibuatkan hukum yang berlaku di negaranya.

Kemerdekaan untuk Indonesia itu sendiri merupakan puncak perjuangan untuk melepaskan diri dari jeratan dan ikatan penjajah. Ini bukan berarti kemerdekaan Indonesia sudah berakhir, justru harus diisi dengan upaya membangun bangsa lebih baik.

Suatu negara dikatakan maju tergantung pada kemauan negaranya sendiri. Kemerdekaan adalah jembatan emas untuk mencapai cita-cita yang mulia.

Indonesia mendapatkan kemerdekaan artinya mempunyai kedudukan yang sama dengan negara lain yang sudah dari awal merdeka. Kemerdekaan untuk Indonesia bekmakna juga pemerintah dan masyarakat mempunyai hak dan kewajiban untuk mempertahankannya.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2