-->

Iklan Atas Artikel

Manfaat Chia Seed untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Chia Seed untuk Menurunkan Berat Badan

Chia seed merupakan makanan yang mengandung tinggi serat, asam lemak omega-3, protein, dan karbohidrat yang mempunyai manfaat untuk kesehatan. Dalam Chia seed terkandung berbagai macam nutrisi yang bisa menurunkan berat badan.
Dilansir dari buku The Aztec Diet 4-8 sendok makan chia seed bisa mengurangi rasa lapar, mengenyangkan perut, dan menghambat makanan yang Anda makan. Studi yang dilakukan oleh Journal of Alternative and Complementary Medicine pada tahun 2012, melakukan penelitian terhadap 56 wanita post-menopause dengan keadaan kelebihan berat badan. Mereka mengonsumsi 25 gram chia seed selama 10 pekan. Dalam waktu tersebut peneliti tidak menemukan bahwa chia seed bisa menurunkan berat badan. 

Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh David Nieman, Dr PH, yang merupakan profesor dari Appalachian State University in North Carolina, penelitian yang dilakukan selama 12 minggu, hasilnya chia seed tidak berdampak pada penurunan lemak dan berat badan. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai chia seed yang dipercaya bisa menurunkan berat badan. 

Studi yang lain mengemukakan die dengan chia seed bisa memberikan pengaruh terhadap penurunan berat badan untuk pasien diabetes tipe 2. Penelitian dilakukan terhadap 77 orang yang mengalami penyakit diabetes. Selama penelitian, pasien diminta untuk mengonsumsi makanan rendah kalori. Pasien dibagi ke dalam dua kelompok, kelompok satu diminta untuk mengonsumi chi seed setiap hari selama 6 bulan, sedangkan untuk kelompok dua hanya diminta mengonsumsi makanan yang berbahan oat. 

Hasilnya menunjukan kelompok yang mengonsumsi oat chia seed mendapatkan penurunan berat badan 0,3 kilogram, sedangkan kelompok kedua yang mengonsumsi chia seed mengalami penurunan berat badan 1,9 kilogram. Kesimpulan dari penelitian tersebut chia seed bisa menurunkan berat badan apabila dibantu dengan membatasi mengonsumsi kalori dan melakukan aktivitas olahraga secara teratur.

Chia seed sehat untuk ditambahkan ke menu diet Pastinya Anda bisa menambahkan chia seed untuk makanan diet. Banyak manfaat saat mengonsumsi chia seed secara rutin. Dalam chia seed terkandung antioksidan dan omega-3 yang bisa menurunkan depresi, mencegah peradangan pada usus besar, dan alergi untuk anak-anak. Omega-3 pada chia seed bermanfaat untuk menurunkan risiko masalah pada jantung. Tekstur lembut pada chia seed terlihat mirip dengan kacang sehingga makanan ini bisa dicampur dengan makanan lain. 

Berikut Anda bisa mencampurkan chia seed dengan menu lainnya. 

  • Chia seed bisa ditambahkan dengan smoothie di setiap pagi. 
  • Bisa menambahkan di atas salad
  • Merendam chia seed dalam air selama 20 hingga 30 menit perbandingan 1:16, untuk diminum dengan tambahan lemon, madu, dan jus buah. 
  • Menambahkan chia seed dalam camilan Anda Anda bisa membuat chia seed dengan pudding dan mengkombinasikan dengan yogurt.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2