-->

Iklan Atas Artikel

Meletusnya Gunung Sinabung

Meletusnya Gunung Sinabung

Gunung Sinabung yang berada di Sumatera Utara Kabupaten Karo meletus sebanyak 2 kali pada Senin 10 Agustus 2020. Kemunculan dua letusan Gunung Sinabung hanya selisih dua jam. Terjadinya erupsi di Gunung Sinabung terjadi letusan pertama pada hari ini pukul 10.16 WIB, Senin pagi. Pada letusan ini hingga mengeluarkan kolom abu setinggi 5000 meter di atas Gunung Sinabung. Terlihat kolom abu berwarna kelabu tebal menuju ke arah timur dan arah tenggara.

Menurut laporan bernama Moh Nurul Asrori dari Badan Geologi, Kementerian ESDM yakni Magma Indonesia, terekam aktivitas letusan pertama Gunung Sinabung pada Hari Senin, dengan amplitudo maksimum 120 mm, selama 1.785 detik. Tidak lama kemudian, letusan kedua Gunung Sinabung terjadi pada pukul 11.17 WIB, masih terekam oleh seismograf dengan amplitudo maksimum 120 mm, durasi 2.2246 detik.

Dampak Erupsi Sinabung

Raditya Jati sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi BNPB mengatakan ada 3 kecamatan di Kabupaten Karo yang terdampak hujan erupsi Gunung Sinabung hari ini: Berastagi, Naman Teran, dan Merdeka.

Menurutnya Tim Reaksi BPBD Karo telah mendirikan posko dan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. selain itu BPBD Karo bergerak cepat dengan mengirim 6 unit mobil tanki air dan 1 unit water-canon untuk membersihkan abu vulkanik yang menutupi jalan, kemudian mengirim air bersih dan masker untuk dikirimkan ke masyarakat terdampak.

Hujan abu vulkanik pun banyak mengguyur di beberapa daerah di luar Kabupaten Karo. Banyak laporan mengatakan sebaran abu vulkanik Sinabung terbang hingga daerah Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2