-->

Iklan Atas Artikel

Olahraga Sebelum Belajar Bisa Meningkatkan Pembelajaran

Melakukan olahraga sebelum belajar dipercaya bisa membantu kesehatan otak, olahraga mempunyai hubungan erat dengan sistem kerja otak. Beberapa penelitian menunjukan bahwa, ketika berolahraga akan terjadi rangsangan koneksi pada sistem saraf. Walaupun sampai sekarang belum ditemukan suatu penelitian yang menunjukan kognitif seseorang dipengaruhi olahraga.


Olahraga Sebelum Belajar Bisa Meningkatkan Pembelajaran


Namun, hasil penelitian yang ditunjukan oleh Science University & Oregon Health melakukan selama satu sesi olahraga bisa merangsang ekspresi gen pertumbuhan sinaptik di hippocampus.

Penelitian lebih lanjut menunjukan tujuan penelitian ini  ingin melihat perubahan pada neuron secara spesifik dalam hitungan menit hingga hari setelah melakukan aktivitas olahraga selama satu periode.

Peneliti menggunakan objek tikus yang olahraga berada di roda putar. Penelitian ini dilakukan seperti halnya dengan manusia yaitu olahraga sejauh 3,2 KM yang sama dengan satu putaran pada pertandingan basket.

Setelah tikus-tikus dilatih selama 60 menit hasil menunjukan ada aktivitas sinaptik di hippocampus area otak yang memiliki hubungan dengan memori dan pembelajaran. Penemuan mengejutkan tersebut terdapat ekspresi gen yang disebut Mtss1L ditingkatkan dalan neouron tunggal.

Hal ini merupakan penemuan pertama dari seorang ilmuwan yang menemukan ekspresi Mtss1L yang sangat berhubungan dalam neuron tunggal. 

Kesimpulannya apa yang disarankan oleh ahli tentang olahraga mempengaruhi pembelajaran, bahwa latihan olahraga bisa memberi otak utama memberikan koneksi sinaptik baru melalui aktivitas fisik.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2