-->

Iklan Atas Artikel

Penemu Kalkulator Otomatis Pertama

Teknologi komputer yang kita gunakan saat ini tidak terlepas dari kecanggihan hardware ataupun software. Komputer yang digunakan saat ini, tidak terlepas dari buah tangan yang dilakukan oleh Charles Babbage.
Dilansir dari banyak sumber, Charles Babbage terkenal akan penemuannya, yaitu sebagai orang pertama yang menemukan atau menciptakan komputer. 
Charles Babbage adalah seorang ilmuwan  yang karyanya sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer hingga saat ini, tidak hanya itu pada tahun 1791-1871, ia telah menemukan mesin hitung (Difference Engine No.1)

Penemu Kalkulator Otomatis Pertama

Mesing hitung yang telah diciptakannya merupakan salah satu penemuan yang sangat terkenal dalam perkembangan dan sejarah komputer yang merupakan kalkulator otomatis pertama. Bahkan, Charles Babbage telah dijuluki bapak komputer dunia, karena telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan komputer di seluruh dunia.
Charles Babbage merupakan anak dari Benjamin Babbage lahir pada tanggal 26 Desember 1792 di Inggris, Charles mempunyai kelebihan dalam bidang menghitung atau matematika.
Charle pernah masuk Trinity di Cambridge pada tahun 1811, ia mempunyai bakat matematika yang lebih baik daripada gurunya sendiri. Ia merupakan matematikawan dari Inggris, yang mengungkap gagasan tentang komputer yang bisa diprogram.
Memasuki tahun 1816 dia merupakan anggota "Royal Society" pada saat itu organisasi ini bergerak di bidang akademis dan sains independen Inggris Raya, menginjak usia 20 Charles Babbage bekerja menjadi sebagai ahli matematika di bidang kalkulus.
Kariernya tidak sampai disitu, ia berkontribusi pada yayasan organisasi astronomi dan geofisika "Astronomical Society" pada tahun 1820.Pada saat itulah Charle Babbage mulai tertarik pada mesin hitung.

Menciptakan Difference Engine


Charles Babbage mampu membuat mesin dan menyusun tablet matematika dengan istilah Difference Engine pada tahun 1821. Saat mengerjakan proyek tersebut, pada tahun 1832 Babbage mempunyai ide mengenai mesin yang bisa beroperasi tidak hanya satu jenis melainkan berbagai macam operasi aritmatika.
Pada tahun 1856 menemukan mesin Analytical Engine, mesin ini merupakan mesin manipulasi simbol umum, dan mempunyai keunggulan dari komputer modern seperti punched card, sebuah unit memori untuk menginput angka, dan berbagai macam komponen dasar komputer lainnya.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2