-->

Iklan Atas Artikel

Polemik Logo HUT RI Ke-75 Mirip Salib

Berita hangat sebelum menjelang 17 Agustus 2020, logo HUT RI ke-75  menjadi perbincangan publik. Menurutnya logo tersebut mirip dengan simbol salib. Dugaan hal seperti ini pernah terjadi di tahun sebelumnya, logo HUT RI diduga mirip dengan palu arit.

Asumsi publik tidak bisa dihindarkan. Ada yang mengatakan bahwa logo HUT RI yang mirip dengan salib sebagai upaya kristenisasi, kemudian ada juga yang menyampaikan gambar salib pada logo HUT RI adalah kebetulan.

Tudingan lambang salib pada logo HUT RI ke-75 diawali oleh Ormas Islam Solo Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) yang menuntut untuk mengganti dan mencopot logo yang diduga mirip dengan salib.

Namun, apa yang disampaikan ormas Islam DSKS itu hanya berdasarkan pada persepsi dan kemiripan, kemudian sandingkan tanpa konfirmasi pembuat logo.  Tentunya hal ini kita sebut dengan ilmu cocokologi.

Fenomena ini disebut dengan "pareidolia" yang dalam ilmu psikologi dianggap sebagai suatu kewajaran. Pareidolia merupakan fenomena seseorang menganggap kemiripan yang berasal dari objek yang lain, seperti melihat bayangan berbentuk hantu, dan sebagainya. Fenomena ini  ketika sebuah gambar atau objek secara acak direspons oleh otak seseorang menjadi gambar yang dikenali.

Suatu kewajaran ketika seseorang beranggapan logo tersebut mirip dengan salib. Orang yang memprotes logo tersebut besar kemungkinan mengalami pareidolia.

Fenomena ini lantas menuai komentar salah satunya dari tokoh agama Islam AA Gym mengatakan bahwa polemik logo tersebut masih bisa kita maklumi, secara sekilas logo tersebut mirip dengan salib, dan wajar apabila ada orang yang tidak setuju dengan logo tersebut.

AA Gym menyampaikan dalam situasi seperti ini kita harus bersikap bijaksana dan berpikir kritis, dan berbaik sangka kepada sesama. Jangan sampai hanya karena masalah sepele jadi bermusuhan.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2