-->

Iklan Atas Artikel

RCTI Gugat UU Penyiaran Youtube dengan Media Lain dengan Alasan Moral

INews TV dan RCTI sepakat menggugat undang-undang penyiaran ke MK (Mahkamah Konstitusi) Gugatan tersebut dengan tujuan setiap penyiaran yang menggunakan layanan internet harus mematuhi terhadap undang-undang penyiaran.


RCTI Gugat UU Penyiaran dengan Alasan Moral

Kemenkominfo mengatakan jika gugatan tersebut dikabulkan, maka fitur live streaming di media sosial akan dihapus, seperti Youtube Live, Instagram TV, Instagram Live, dan Facebook Live. INews dan RCTI menolak terhadap uji materi tersebut akan berdampak kepada masyarakat tidak lagi bisa live streaming di berbagai media sosial.

Taufik selaku Corporate Legal Director MNC Group menegaskan pihaknya tidak ada niat untuk menghapus kreativitas content creator di media sosial. Namun, berharap ada tanggung jawab dan kesejajaran moral secara hukum konstitusional.

INews dan RCTI tidak ada tujuan untuk mengkebiri segala kreativitas di media sosial, uji materi tentang undang-undang penyiaran lebih ke arah tanggung jawab dan kesetaraan moral bangsa," tegas Taufik dalam keterangan tertulisnya di MNC Group pada hari Jumat 28 Agustus 2020.

Taufik juga mengatakan permohonan uji materi yang dilakukan RCTI dan iNews tersebut hanya dilatarbelakangi untuk menciptakan sikap perlakuan dan perlindungan yang adil terhadap anak bangsa bersama Youtuber dan Selebgram dari penjuru dunia dan mengajak mereka untuk tumbuh, membangun kesejahteraan dan berkembang dalam lingkungan yang kekinian.

Lebih jelasnya Kemenkominfo mengatakan kemungkinan untuk menutup fitur live streaming di media sosial, jika uji materi tersebut dikabulkan. Definisi ini akan membuat kegiatan seperti konten baik audio maupun visual harus mempunyai platform yang memiliki izin.

Selain itu Ramli mengatakan kemungkinan  adanya penutupan terhadap siaran pada aplikasi yang tidak ada izin. Bila aktivitas di media sosial diklasifikasikan sebagai penyiaran, maka badan usaha, perseorangan, atau badan hukum akan dipaksa untuk memiliki izin menjadi lembaga penyiaran. Kesimpulannya harus menutup mereka yang tidak memiliki izin.


LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2