-->

Iklan Atas Artikel

Sejarah Hari Pramuka Indonesia Arti Lambang dan Seragam

Di Indonesia selalu diperingati hari pramuka sejak tahun 1961 setiap tanggal 14 Agustus. Pramuka pada tahun ini di Indonesia dirayakan HUT-nya ke-59. Jika merefleksi kepada masa lalu, kepramukaan merupakan bagian sejarah perjuangan dari bangsa Indonesia. Indonesia tidak terlepas dari sejarah Hari Pramuka dan kemerdekaan bangsa ini, serta makna di balik seragam dan lambang-lambang pramuka.

Foto:https://newsmaker.tribunnews.com/

Sejarah Hari Pramuka Indonesia Arti Lambang dan Seragam


1. Sejarah Pramuka

Mengenai sejarah dan eksistensi Pramuka di Indonesia, tidak dapat dipisahkan dari sejarah organisasi kepanduan yang merupakan wadah internasional. Gerakan pendidikan kepanduan pertama kali di pelopori oleh Lord Robert Baden Powell of Gilwell.

Pada awalnya organisasi ini bertujuan untuk pemuda di Inggris yang mengalami kekerasan dan kriminal di tahun 1907. Pembinaan yang dilakukan ini berkembang pesat menjadi gerakan kepanduan. 

Di Indonesia gerakan kepanduan ini dimulai pada tahun 1912 dengan terbentuknya Nerdelandshe Padvinders Organisatie (NPO). Setelah Perang Dunia ke-1 berganti menjadi Nederlands-Indishe Padvinders Vereeniging (NIPV).

Seiring berjalannya waktu, muncul organisasi kepanduan yang dipelopori oleh S.P. Mangkunegara VII dengan nama Javaansche Padvinders Oganisatie. Tidak hanya itu organisasi yang didirikan oleh Budi Utomo bernama Nationale Padvinderij. Eksistensi organisasi tersebut memunculkan pembentukan organisai sejenis lainnya.

Organisasi-organisasi kepanduan yang ada di Indonesia mulai bersatu, dengan terbentuknya Persaudaraan Antara Pandu Indonesia yang didirikan pada tahun 1928. Perjalanan untuk mempersatukan organisasi kepanduan Indonesia tidaklah mudah, ketika BPPKI (Badan Pusat Persaudaran Kepanduan Indonesia) mengadakan (PERKINDO) Perkemahan Kepanduan Indonesia Oemoem pada tahun 1941, barulah persaudaran organisai kepanduan Indonesia terbentuk dan mulai membuahkan hasil.

Masa-masa sulit pernah di alami organisai kepanduan Indonesia pada. tahun 1941. Melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No 238 tahun 1961 Gerakan Pramuka di Indonesia resmi di tetapkan. Keputusan Presiden, ini sekaligus menjelaskan Pramuka merupakan satu-satunya organisasi kepanduan yang mengemban tugas melaksanakan pendidikan kepanduan untuk anak-anak dan pemuda Indonesia.

Tepatnya pada tanggal 14 Agustus 1961, Indonesia menggelar pelantikan Gerakan Pramuka dengan memberikan penganugrahan panji-panji pramuka yang diserahkan kepada Ketua Kwartir Nasional, Sri Sultan Hamengkubowono IX, inilah yang menjadi alasan diperingati Hari Pramuka setiap tanggal 14 Agustus.

2. Arti Pramuka

Pramuka merupakan singkatan Praja Muda Karana yang mempunyai makna rakyat muda yang berkarya atau menghasilkan karya. Pramuka merupakan nama yang umum dipakai untuk Gerakan Pramuka. Tidak terlepas dari sumbangsih Sri Sultan Hamengkubowono IX pada saat itu sebagai bapak Pramuka Indonesia, kata "Pramuka" terinspirasi dari kata "Poromuko" yang artinya pasukan terdepan dalam perang.

3. Arti dan Lambang Pramuka

Lambang pramuka pada umumnya diketahui adalah bayangan tunas kelapa, yang dicetuskan oleh Sunardjo Atmodipuro yang memaknai sebagai seluruh dari bagian pohon kelapa yang memiliki banyak manfaat. Dengan harapan anggota Pramuka bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan dirinya sendiri.

4. Arti Seragam Pramuka

Worna dominan yang terdapat pada seragam pramuka yang khas adalah cokelat. Warna cokelat dianggap warna yang menyimbolkan dengan medan perang. Oleh sebab itu, warna ini dipandang untuk mengingatkan kepada anggota Pramuka untuk selalu semangat dan menghargai kepada jasa para pahlawan Indonesia. Warna cokelat pada seragam pramuka juga dimaknai sebagai warna yang selaras dengan alam. Warna cokelat tua pada celana dan rok sebagai warna tanah di Indonesia. Sedangkan warna cokelat muda yang ada pada kemeja melambangkan air yang mengalir di seluruh negeri Indonesia.

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2