-->

Iklan Atas Artikel

Tips Cari Pekerjaan di Tengah Pandemi

Imbas dari kondisi pandemi saat ini, sektor ketenagakerjaan menjadi pusat perhatian. Hampir di seluruh dunia banyak pekerja yang kehilangan pekerjaanya. Tetapi, banyak pihak mengganggap kondisi ini hanya berlaku sementara, disaat pandemi mulai mereda, usaha dan bisnis, ekonomi akan bangkit secara bertahap.



Bagi Anda yang ingin mencari pekerjaan dalam situasi pandem seperti ini, jangan patah semangat, karena banyak perusahaan sekarang membuka lowongan untuk pegawai baru.

Tips Cari Pekerjaan di Tengah Pandemi


1. Tonjolkan Kemampuan Anda

Ini merupakan tips khusus, Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk memperbaiki CV. Apabila perusahaan yang dilamar terdampak pandemi, cari solusi untuk mencari pekerjaan di sektor lainnya. Contohnya, apabila Anda memiliki kemampuan pada bidang marketing, Anda bisa salurkan kemampuan tersebut untuk layanan konsumen dan penjualan.

2. Mempelajari Hal Baru

Dalam kondisi pandemi seperti ini, banyak pelatihan online yang bisa Anda manfaatkan dan ikuti tanpa biaya sepeser pun alias gratis. Gunakanlah platform pelatihan online seperti Linkedln Learning, Coursera, atau menonton video tutorial di Youtuber untuk mengasah kemampuan. Pelatihan online yang Anda ikuti sangat bermanfaat apalagi situasi pandemi saat ini.

3. Target Jangka Panjang dan Pendek

Jika Anda serius untuk mencari penghasilan, maka untuk mencari pekerjaan sangat berbeda dengan meningkatkat karier.Artinya, Anda bisa mencoba membaca peluang yang esensial di tengah pandemi, contohnya bidang farmasi, logistik, dan ritel.

Jika bidang tersebut tidak sesuai dengan minat Anda, Anda bisa mencari pekerjaan yang bisa dilakukan dirumah atau remote working, banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Anda juga bisa mencoba pekerjan freelance untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Sedangkan untuk jangka panjang Anda bisa mulai mencari pekerjaan, meloncat dari freelance ke pekerjan tetap.

4. Jangan Lupa Sosialisasi

Walaupun keadaan seperti ini, Anda diusahakan untuk terus melakukan komunikasi  dengan teman-teman atau orang-orang terdekat Anda, untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Mungkin saja teman Anda bisa memberikan informasi pekerjaan terhadap perusahaannya.

5. Fokus dan Yakin Pada Diri Sendiri

Anda jangan bosan mendengar kata "sabar". Berjuang dan bersabar merupakan kunci utama di tengah kondisi saat ini, berbuat baik sebisa mungkin kepada orang lain, Anda harus yakin pekerjaan yang baik akan segera menghampiri Anda.






LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2