-->

Iklan Atas Artikel

5 Tools Riset Keyword Gratis untuk Blog

5 Tools Riset Keyword Gratis untuk Blog  - Penggunaan keyword yang tepat merupakan tips jitu saat blog Anda kesulitan dalam membuat konten artikel blog. Riset keyword adalah faktor penting dilakukan oleh seorang blogger agar bisa meningkatkan traffic pengunjung. Namun, sebagian blogger tidak mengetahui cara menemukan keyword dengan tepat sehingga konten artikel yang diposting sepi pengunjung.

5 Tools Riset Keyword Gratis untuk Blog

Bagaimana jika konten artikel tidak dioptimasi dengan baik? Umumnya setiap blogger ingin Artikelnya berada di halaman utama pencarian Google, akan sulit untuk ditemukan di halaman pencarian Google jika blog tidak dioptimasi dengan baik. Pengertian optimasi sendiri adalah teknik mengoptimalkan dari fungsi kata kunci pada blog dengan tujuan meningkatkan peringkat di mata pencarian Google. 

Apa yang Dimaksud dengan Keyword?

Kata kunci atau istilah keyword adalah beberapa kata yang digunakan dengan tujuan untuk menarik informasi yang dibutuhkan dalam dunia internet atau pencarian browser. Sementara dalam internet marketing keyword terdiri dari dua macam, pertama keyword berbayar, merupakan kata kunci yang diperoleh dari iklan atau perlu mengeluarkan uang, sedangkan yang kedua keyword organik berasal dari pengunjung secara murni tanpa mengeluarkan uang.

Untuk memperoleh keyword yang banyak dicari pengunjung dengan sedikit persaingan memang tidak semudah yang dibayangkan. Anda bisa memilih keyword short tail dan long tail yang banyak dicari dengan kompetisi yang rendah. Di bawah ini merupakan tools gratis untuk mencari keyword yang bisa digunakan untuk blog Anda secara gratis.

1. Google Search Console

Merupakan Platform gratis yang disediakan oleh Google. Pada dasarnya tools Google Search Console digunakan untuk analytic seperti melihat performa blog, proses indeks, traffic, backlink, dan permasalahan keyword yang berhubungan dengan Google Console. Google Console mempunyai kelebihan yaitu bisa mengukur performa kata kunci yang digunakan pada blog. Untuk kebutuhan SEO Anda bisa mengevaluasi dan menentukan keyword pada blog.

 2. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan tools besutan Google ini mempunyai fungsi yang sama dengan tools yang lain. Platform ini bisa digunakan untuk mencari dan menganalisis keyword secara tepat, dan dilengkapi dengan layanan Google Ads yang bisa memaksimalkan keyword untuk blog. Tidak hanya itu Google Keyword Planner juga dilengkapi dengan platform SEO tools, karena bisa mengakses indeks kata kunci secara lengkap, hal ini bisa digunakan untuk kepentingan strategi pada blog. Anda bisa memperoleh kata kunci untuk blog dan produk, dan jumlah pencarian pada kata kunci pada Google Search.

3. Google Analytics

Platform satu ini merupakan SEO tools yang bisa dikatakan mempunyai fitur lengkap. Anda bisa melakukan analisa terhadap data yang berada di blog atau website, kemudian memanfaatkan laporan dari blog  tentang interaksi dan traffic yang diperoleh. Selain itu, data yang dilengkapi dengan grafik, lokasi, jenis kelamin, topik, kata kunci dan sebagainya bisa dijadikan rujukan riset selanjutnya untuk kebutuhan SEO pada blog.

4. Google Trends

Tidak terlepas dari mitra Google, platform yang satu ini sangat membantu untuk riset perkembangan blog menggunakan kata kunci, dan Anda bisa membandingkan beberapa kata kunci pada blog. Google Trends dilengkapi dengan grafik yang memiliki kata kunci yang paling banyak diminati dan dicari serta diakses di seluruh dunia. Platform ini bisa Anda gunakan secara gratis untuk melakukan riset terhadap kata kunci serta lokasi pengunjung pada blog.

5. AdWord

Platform yang satu ini bisa membantu dalam menemukan dan menyusun keyword dan cocok untuk dicoba pada blog Anda. Platform ini bisa digunakan untuk menemukan kata kunci yang sesuai dengan konten artikel pada blog Anda yang mempunyai hubungan dengan Google Search. Tidak hanya itu tools pada AdWord dapat merekomendasikan kata kunci alternatif untuk kebutuhan SEO pada blog.

Demikian beberapa tools riset keyword blog secara gratis yang bisa Anda gunakan. Untuk kebutuhan blogger tentunya tidak hanya memprioritaskan SEO dan kekuatan kata kunci, Anda juga harus meningkatkan kualitas konten yang banyak dicari pengunjung. Semoga Bermanfaat!



LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2