-->

Iklan Atas Artikel

6 Kesalahan Saat Belajar

Belajar adalah aktivitas yang harus dilakukan sepanjang masa. Dengan belajar kita semua akan memperoleh ilmu pengetahuan, keterampilan baru untuk bekal masa depan dalam menjalani segala tantangan hidup.


Walaupun aktivitas belajar sering dilakukan dari sekolah dasar sampai mendapatkan pekerjaan, tanpa kita sadari masih banyak orang yang masih melakukan kesalahan saat belajar. Belajar masih dibebani soal, materi, topik, rumus serta pemahaman konsep belajar yang masih kurang efektif. Tidak jarang saat belajar masih ada perasaan takut ketika kita melakukan kesalahan, seolah-olah belajar adalah hal yang menyeramkan. 

Pada dasarnya setiap yang dilakukan adalah proses pembelajaran, setiap orang mempunyai teknik belajar masing-masing, dan daya serap yang berbeda. Pada umumnya konsep belajar bisa kita pelajari, mulailah untuk memahami setiap kesalahan dan mencoba untuk memperbaikinya. Berikut 6 kesalahan yang banyak dilakukan saat belajar.

1. Belajar dengan cara menghafal

Belajar dengan cara menghafal adalah cara yang kurang efektif, karena otak kita hanya tergantung pada materi-materi secara tekstual. Metode ini akan membuat kita tidak paham konsep yang sedang dipelajari. Kita bisa mengahafal secara cepat jika menggunakan teknik ini, tetapi akan cepat pula lupa materi yang sudah dihafal. Lebih baik materi dibaca berulang kali tanpa dihafal, setelah memahami konsep dan alurnya, makan lebih mudah otak kita menerima informasi dari bacaan tersebut.

2. Belajar saat ujian

Menghafal sebelum ujian atau dikenal dengan istilah sistem kebut semalam, akan lebih mudah lupa materi yang kita baca, karena terlalu banyak dan menumpuk materi yang harus masuk ke otak kita. Sebaiknya belajar dilakukan jauh-jauh hari sebelum ujian. Beban materi yang banyak akan menambah stress dan panik karena dikejar-kejar waktu.

3. Malas bereksplorasi

Belajar dengan cara mendadak, membuat Anda memahami hanya beberapa materi saja, dan tidak mau mengembangkan materi secara luas. Cobalah cari sumber lain yang masih berkenaan dengan materi yang sama. Hal ini, merupakan suplemen ketika pikiran kita merasa kesulitan dalam memahami konsep materi yang akan diujikan.

4. Metode screening

Metode ini cukup berbahaya, karena ketika Anda membaca materi banyak hal-hal penting yang dilewati. Melompati banyak materi penting akan memberikan dampak negatif terhadap hasil belajar dan pemahaman yang sedikit.

5. Tidak mau mengulang materi

Kesalahan terbesar saat belajar adalah terlalu percaya diri bahwa materi yang dibaca sudah dihafal dengan baik, padahal masih terjadi kurang pemahaman. Malas mengulang materi akan merasa kesulitan saat lupa tentang sesuatu hal yang dipelajari.

6. Tidak konsentrasi

Tidak semua orang bisa belajar dengan suasana yang ramai. Terkadang suara handphone, televisi, radio, dan lainnya membuat konsentrasi terbagi. Cobalah belajar dengan suasana nyaman, hal ini bisa memberikan kenyamanan saat belajar dan konsentrasi penuh sehingga materi yang dibaca akan mudah diingat.
LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2