-->

Iklan Atas Artikel

Mengenal Domain Authority dan Page Authority untuk Teknik SEO Blog

Mengenal Domain Authority dan Page Authority  untuk Teknik SEO Blog - Dalam dunia blogger sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO (Search Engine Optimazation). Untuk membangun blog yang mudah dicari di pencarian Google kita harus mempunyai Domain Authority dan Page Authority. DA dan PA ini merupakan penilaian terhadap blog kita di search engine.

Domain Authority dan Page Authority adalah faktor sangat penting dalam membangun teknik SEO, sudah banyak sekali pengguna blogger dan  platform lain untuk membangun SEO meningkatkan DA dan PA yang bagus untuk menenam link supaya bisa mendapatkan peringkat di mesin pencari. Harus diketahui bahwa Google sangat menyukai blog yang mempunyai nilai DA dan PA tinggi. Faktor ini yang membuat para blogger berlomba-lomba mendapatkan page one Google, agar bisa bertahan di halaman pertama tersebut.

Pengertian Page Authority atau PA?

Page authority adalah istilah atau gambaran dari peringkat pada blog yang bisa dilihat dan ditemukan di mesin pencarian Google atau mesin pencarian yang lain. Angka pada page authoriy biasanya menggunakan skla 0-100, jika blog Anda mempunyai nilai yang cukup tinggi, maka besar kemungkinan blog bisa muncul di halaman pencarian Google. PA dalam sebuah blog mencerminkan korelasi antara konten artikel pada blog dan link yang ada pada blog dengan konten-konten yang lain.

Salah satu contoh website yang memiliki domain authority yang tinggi seperti wikipedia.org mempunyai nilai PA sebagai berikut jika metrik yang digunakan dari situs https://websiteseochecker.com/

Mengenal Domain Authority dan Page Authority  untuk Teknik SEO Blog

Tentunya setiap penilaian PA daris situs yang berbeda, akan menghasilkan nilai PA yang berbeda pula, tetapi hal ini perbedaanya tidak terlalu jauh, dan pada intinya semakin tinggi PA dari sebuah blog atau website maka semakin mempunyai kesempatan besar untuk tampil di page one pencarian Google dan mesin pencari lainnya.

Bagaimana Cara Meningkatkan PA (Page Authority)

Sebenarnya untuk meningkatkan PA dalam blog bisa dilakukan secara sederhana, berikut cara-cara untuk menaikan page authority pada blog:

  1. Selalu update konten-konten artikel di blog atau website secara konsisten. Konten yang dibuat harus berkualitas dan tidak copy paste, kemudian informasi yang disajikan harus terbaru, relevan, menarik untuk dikunjungi, banyak disukai pembaca, dan yang paling utama dari konten tersebut mempunyai manfaat untuk orang lain.
  2. Menerapkan backlink yang relevan dan berkualitas. Jangan pernah coba-coba untuk melakukan spamming. Anda bisa melakukan backlink yang relevan serta mendapatkan backlink yang berkualitas dari situs yang mempunyai PA yang tinggi, hal ini agar nilai PA pada blog Anda cepat naik.
  3. Memberikan ilustrasi video atau gambar di blog. Jangan isi konten blog Anda hanya dengan teks saja. Gambar atau video memberikan kekuatan untuk blog agar banyak diminati pengunjung, apalagi gambar atau video blog berisi data lengkap yang relevan dengan konten artikel yang dibuat.

Pengertian Domain Authority atau DA?

Domain Authority atau DA adalah istilah untuk blog atau website yang merujuk pada kekuatan sebuah domain pada blog atau website. Kekuatan domain pada blog dipengaruhi berdasarkan usia blog, popularitas, ukuran dari sebuah domain. Misalnya, pada domain sansanirawan.com yang memiliki nilai DA besar 87 point. Skala yang digunakan pada DA sama seperti PA yaitu 1 hingga 100, semakin tinggi nilai DA pada sebuah blog, maka akan semakin bagus blog tersebut dalam SERP.

Bagaimana Cara Meningkatkan DA (Domain Authority)?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi untuk menaikan domain authority blog atau website yaitu, usia blog atau domain, popularitas, dan ukuran domain. Berikut merupakan penjelasannya:

1. Usia Domain

Semakin lama domain yang digunakan, semakin bagus untuk seberapa tinggi nilai DA pada blog atau website Anda. Untuk menaikan nilai DA yang tinggi butuh keuletan dan kesabaran untuk menaikannya. Berbeda jika Anda menggunakan domain wordpress.com atau blogspot.com maka nilai dari DA-nya tidak bisa ditinggkatkan lagi.

2. Popularitas Domain

Popularitas dari domain itu bisa Anda lakukan dari seberapa banyak jumlah dari inbound link yang berada pada blog atau website Anda, backlink yang masuk tersebut merupakan link yang relevan, tidak terdapat spam, dan  berkualitas tinggi.

3. Ukuran pada domain

Ukuran domain bisa dinilai dari seberapa banyak jumlah konten atau artikel yang diposting pada blog ataupun website. Jumlah di sini artinya bukan value, tetapi informasi yang diberikan kepada para pengunjung blog tersebut. Anda bisa mulai membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengunjung, agar blog bisa mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari.

Setelah Anda membaca artikel ini, sedikitnya Anda sudah mendapatkan gambaran tentang DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) pada blog, dan langkah-langkah untuk mendapatkan DA dan PA yang tinggi. Untuk mendapatkan nilai DA dan PA yang tinggi memerlukan kesabaran dan keuletan serta ditopang dengan konten yang relevan, menarik, dan bermanfaat untuk banyak orang.

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2