-->

Iklan Atas Artikel

Benyamin Sueb Menjadi Google Doodle

Benyamin Sueb Menjadi Google Doodle - Siapa yang tidak mengenal Benyamin Sueb? orang sering yang disapa Babe ini banyak melahirkan lagu populer seperti "Hujan Gerimis", "Malam Minggu", dan "Kompor Meleduk". Hal ini merupakan gambaran kisah kehidupan masyarakat Betawi. Di telinga masyarakat Indonesia mungkin tidak asing lagi dengan lagu "Nyok kite nonton ondel-ondel, nyok". Lagu ciptaannya terkenal dan tidak bisa dipisahkan dari sosok legendaris asal Betawi bernama Benyamin Sueb

Lirik tersebut merupakan bagian dari lagu yang berjudul "Ondel-ondel" populer di tahun 1970-an. Bahkan lagu "Ondel-ondel" sering dibawakan di berbagai acara, baik acara kebudayaan maupun acara di televisi, dan acara khusus yang sering diselenggarakan di DKI Jakarta. Benyamin Sueb merupakan tokoh legendaris sekaligus seniman dan budayawan Betawai yang hari ini sosoknya diangkat oleh Google untuk tema Google Doodle.

Dilansir dari Google, gambar Benyamin Sueb hasil buah tangan seniman yang bernama Isa Indra Permana mengapresiasi seniman besar yang berasal dari Betawi tersebut. Benyamin Sueb juga merupakan penyanyi, penulis lagu, produser, sutradara, komedian, dan aktor. Benyamin adalah sosok tokoh yang melenggenda hingga internasional. Berikut profil Benyamin Sueb yang muncul di Google Doodle.

Benyamin Sueb Menjadi Google Doodle


  1. Nama : Benyaim Sueb
  2. Tempat, tanggal lahir: Kemayoran, 5 Maret 1939
  3. Nama orang tua: Aisyah dan Suaeb
  4. Pendidikan: SD Santo Yusuf Bandung (Sebelumnya di Sekolah Rakyat Bendungan), SMP Taman Madya Cikini, dan SMA Taman Siswa KemayoranAkademi Bank Jakarta.
  5. Karir: Pada tahun 1968 mulai menjadi penyanyi, lagu populer dan Hits: Si Jampang, Ondel-ondel, Bang Puase, Nyai Dasima, Tukang Kredit, dan Terasi Garem. Pada tahun 1970 merambah ke dunia film, judul film secara keseluruhan telah membuahkan 75 album musik dan 53 judul film.
  6. Prestasi:

  • Piala Citra film Si Doel Anak Modern (Sjuman Djaya, 1975)
  • Piala Citra film Intan Berduri (1972)
  • Benyamin Sueb tercatat mendirikan perusahan Jiung Film namun dibekukan 1979

Nama Benyamin Sueb tak hanya dikenang sebagai seniman, tetapi merupakan legenda dan tokoh masyarakat Betawi di DKI Jakarta secara umum. Setelah wafat pada usia 56 tahun, nama Benyamin Sube menjadi nama jalan di Kawasan Kemayoran.

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2