-->

Iklan Atas Artikel

Cara Cepat Blog Diindeks Google

Cara Cepat Blog Diindeks Google  - Setelah Anda bekerja keras untuk membangun sebuah blog dengan backlink, namun blog masih saja sulit untuk terindeks. Sedangkan Anda sudah berusaha sekuat tenaga dan pikiran. Apa yang menjadi penyebab Google lama dan tidak mengindeks? Sebelum mempelajari lebih dalam, kita harus memahami hal yang mendasar, yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap URL blog di menu pencarian Google.com.


Ada banyak faktor blog sulit untukt terindeks oleh Google. Berikut merupakan alasan mengapa blog sulit atau lama terindeks:

1. Backlink Tidak Bekualitas

Hal yang harus diperhatikan adalah Google tidak bisa mengindeks backlink yang tidak berkualitas atau tidak memberi nilai pada pembaca. Bisa terjadi apabila blog diketahui memiliki link spam atau dibuat dengan menggunakan platform spam yang secara otomatis akan mendapatkan penilaian kurang baik dari mata Google. Cobalah untuk mengecek setiap link spam yang mengarah pada blog Anda. Jika terdapat link tersebut, segera dibersihkan dari blog Anda, kemudian berusaha untuk meningkatkan Domain Authority dan Page Authority pada blog Anda.

2.  Konten Tidak Berbobot

Sampai kapanpun Google selalu tidak menyukai terhadap konten yang mengandung plagiat atau copy paste. Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi hal tersebut adalah kurangnya konten dalam blog atau terlalu sedikit. Cobalah untuk membuat konten lebih dari 800 kata. Menurut beberapa study yang dilakukan SerpIQ. Fakta mengejutkan konten artikel dengan memiliki lebih dari 2000 kata akan mempunyai kinerja lebih baik pada pencarian Google. Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa meluangkan waktu untuk memperbarui konten artikel yang kurang berkualitas dan tidak berbobot tinggi, misalnya bisa memberikan informasi tambahan terhadapa konten lama yang tentunya disukai oleh Google.

Cara Agar Blog Bisa Terindeks Google dengan Cepat

1. Submit Google Webmaster Tool

Google Webmastertool merupakan tools yang wajib digunakan untuk semua blogger. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu dengan membuat sitemap pada blog, kemudian submit link sitemap blog ke Google Webmaster Tools.

2. Ping URL

Jika Anda sudah melakukan pengindeksan di Google Webmaster Tool dan belum menemukan hasilnya. Anda bisa melakukan untuk ping blog secara bertahap. Proses ini merupakan pemberitahuan untuk Google bahwa blog sudah mengirim update yang memerlukan crawler oleh Google. Ada beberapa pilihan tool yang bisa digunakan diantarnya:

  • Pingomatic.com
  • Pingfarm.com
  • Pingler

Harus diingat, jangan melakukan ping terlalu sering. Anda hanya melakukan sesekali dan bergantian di blog tersebut.

3. Sharing Media Sosial

Sharing di media sosial merupakan cara paling mudah untuk membantu blog bisa terindeks oleh Google. Anda bisa mencoba untuk berbagi informasi di media sosial, buatlah caption yang sangat menarik supaya bisa mendorong orang membuka setiap postingan artikel blog. Jika dilakukan dengan baik, kemungkinan besar Anda bisa mendapatkn link Juice dari sosial link tersebut, dan mendapatkan tingkat indeks yang baik dengan kredibilitas merek yang baik juga.

4. Private Blog Network

PBN atau Private Blog Network merupakan kumpulan blog yang dibangun oleh beberapa orang atau kelompok untuk kepentingan blog network. PBN ini merupakan strategi yang digunakan master SEO supaya blog terindeks dengan cepat. Jika Anda memilih dengan strategi ini, terlebih dahulu lakukan riset untuk memastikan PBN yang digunakan berkualitas dan menggunakan praktik yang benar.

5. Backlink Otomatis

Apabila backlink belum terindeks dalam beberapa waktu, Anda bisa melakukan dengan menggunaan tool layanan backlin otomatis untuk indeks backlink secara teratur. Namun, ini hanya bersifat instan, Anda harus hati-hati untuk menggunakannya. Anda wajib melakukan riset terlebih dahulu dengan cara white hat yang aman.

6. Menggunakan Web 2.0

Upaya untuk membanguan network web 2.0 akan memberikan pengaruh terhadap waktu indeks pada blog di Google Webmaster Tools lebih cepat. Beberapa web 2.0 bisa digunakan network diantaranya:

  • Blogger
  • WordPress.com
  • Wix.com
  • Weebly

Sebaiknya Anda membuat konten artikel 800-1500 kata pada web 2.0. Anda bisa menyebarkan link maksimal 8 hingga 10 pada setiap postingan artikel.  Alasan mengunakan 800-1500 kata adalah untuk memasukan banyak tautan di artikel postingan.


LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2