-->

Iklan Atas Artikel

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Blog

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Blog - Secara sederhana backlink berkualitas itu merupakan backlink yang tidak semua orang bisa melakukannya. Umumnya semua orang bisa mendapatkan backlink. Lebih kompleks lagi fungsi backlink merupakan faktor penting untuk blog atau website, karena bisa menentukan blog atau website berada di posisi mesin pencarian Google.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Blog

Backlink merupakan nama link atau tautan yang memberi jalan ke blog atau website. Backlink berfungsi sebagai rujukan (rekomendasi) yang memudahkan para pengguna untuk optimasi SEO supaya blog atau website dikenali oleh mesin pencari. Terdapat dua Backlink yang bisa dibedakan secara manfaatnya, yaitu dofollow dan nofollow. Sekilas kedua backlink tersebut tidak nampak berbeda, tetapi jenis backlink dofollow lebih banyak diminati karena mempunyai nilai yang bagus di mata mesin pencari, sedangkan untuk backlink nofollow kurang disukai karena tidak memberikan pengaruh untuk blog atau website.

Bagaimana Mencari Backlink Berkualitas?

Sebenarnya ada banyak cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya secara gratis ataupun berbayar. Umumnya backlink dibagi menjadi 4 jenis. Sebelum membahas lebih dalam, alangkah baiknya Anda pahami beberapa jenis backlink tersebut:

1. Backlink dari Profile

Backlink jenis ini secara umum terdapat pada halaman user atau profile yang terdapat pada blog atau website. Anda bisa menemukannya dengan format alamat. Tetapi perlu diketahui jenis backlink ini hanya memberikan kontribusi yang sedikit.

2. Backlink Komentar

Backlink jenis ini masih sering dilakukan oleh publisher, dan blogger. Backlink komentar ini sangat mudah dilakukan, misalnya orang tidak terlalu paham mengenai SEO ternyata sering melakukan link building jenis ini. Sayangnya para blogger pemula yang menggunakan backlink ini tidak melakukan SEO dengan baik, tujuannya hanya ingin mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog melalui komentar yang ditinggalkannya.

3. Backlink Sosial Bookmark

Berbeda dengan jenis backlink ini, merupakan situs yang memperbolehkan pengunjung untuk mengirim konten dari blog atau website masing-masing. Anda bisa menggunakan jenis backlink ini seperti. pinterest, Reddit, Digg, Twitter, dan lain-lain.

4. Backlink Konteks atau Kontekstual

Jenis backlink ini merupakan jenis backlink yang sangat bagus, backlink kontekstual bisa dianalogikan 100 kali lebih baik daripada backlink komentar di blog atau website yang mempunyai DA yang lumayan bagus.

Diantara keempat backlink di atas, Anda sudah mulai untuk memahami dan bisa menerapkannya di blog atau website masing-masing. Namun, ada beberapa tips untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk kebutuhan blog atau website Anda.

1. Membuat Artikel Blog yang Menarik

Jurus jitu ini untuk menarik banyak orang adalah membuat konten yang menarik dan menjadi referensi untuk blognya. Anda harus tetap fokus dalam mencari ide baru sebagai bahan untuk menulis artikel. Tidak ada yang tahu, mungkin saja blog Anda bisa dijadikan rujukan untuk situs-situs besar.

2. Menjalin Hubungan sesama Blogger

Untuk para blogger komunitas merupakan jaringan yang tidak bisa dipisahkan. Jika Anda seorang blogger, Anda bisa melihat banyak komunitas atau grup di media sosial yang menjadi sarana efektif untuk berbagi informasi, bertukar pikiran mengenai SEO blogger. Jika Anda beruntung, maka Anda mempunyai kesempatan untuk bertukar link di blog masing-masing.

3. Menulis Informasi yang Banyak Dicari

Konten berkualitas artinya membahas topik tertentu, hangat, update, dan banyak dicari orang. Jadikan blog Anda sebagai solusi dari pertanyaan para pengunjung untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

4. Melakukan Blogwalking ke Blog Orang Lain

Untuk sekarang memang aktivitas BW sudah jarang dilakukan untuk meningkatkan peringkat blog di mesin pencari. Namun, untuk BW dengan topik yang sama, Anda bisa mencobanya dan bisa mendapatkan manfaatnya.

5. Menggunakan Softwere atau Tool

Banyak sekali tool yang bisa digunakan seperti MOZ, Ahrefs, atau Majestic yang berfungsi menampilkan backlink dari blog pesaing. Data tersebut sebagai referensi untuk memilih targaet membuta link building yang efektif. Apabila Anda mempunyai uang yang cukup, bisa membelinya secara berlangganan.


Mendapatkan Backlink Gratis dari Website lain

Supaya menambah wawasan mengenai backlink, di bawah ini merupakan website atau blog yang bisa dijadikan seumber backlink berkualitas untuk blog Anda. Harus diingat untuk mendapatkan backlink berkulitas pada website di bawah ini memang membutuhkan keuletan dan kesabaran.

About Me 

Domain Authority (DA): 93, Tipe Backlink: Profile, Cara mendapatkan backlink: membuat akun terlebih dahulu kemudian menambahkan URL blog atau website target pada halaman profile atau about.

Kaskus.co.id

Domain Authority (DA): 80, Tipe Backlink: Kontekstual, Cara mendapatkan backlink: Anda harus membuat thread/postingan menarik yang sebelumnya belum di posting, Anda bisa menyimpan link tautan sebagai sumber informasi yang sesuai.

Youtube.com

Domain Authority (DA): 99. Tipe Backlink: Kontekstual, Cara mendapatkan backlink: Sebagai mitra Google, Youtube dipercaya bisa mendatangan trafik yang berlimbah. Youtube adalah salah satu website powerfull untuk mencari backlink berkualitas. Caranya Anda bisa menyimpan URL di halaman profil, dan menyimpan backlink Youtube dengan URL artikel yang disimpan di bagian deskripsi video.

Demikian pembahasan mengenai cara mendapatkan backlink berkualitas sebagai cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan blog atau website Anda. Kita bisa memperoleh backlink secara berkualitas dengan cara optimasi pada blog dengan meningkatkan kualitas blog dan kuantitas pada backlink secara alami, dan secara rutin mengecek kualitas backlink.

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2