-->

Iklan Atas Artikel

Cara Menghilangkan Jerawat yang Bisa Anda Lakukan

Cara Menghilangkan Jerawat yang Bisa Anda Lakukan - Jerawat atau Acne Vulgaris merupakan salah satu penyakit peradangan kronis yang berasal dari kelenjar Pilosebasea yang memiliki tanda adanya kista, pustula, papul, dan komedo. Daerah yang sering ditumbuhi jerawat seperti wajah, dada, punggung, bahu, dan lengan. Tumbuhnya jerawat di bagian wajah untuk sebagian orang memang terasa tidak nyaman, dan menimbulkan rasa tidak percara diri. Penanganan yang tidak tepat, jerawat yang tumbuh di wajah bisa menjadi lebih kusam, dan merangsang timbulnya bopeng.

Cara Menghilangkan Jerawat yang Bisa Anda Lakukan

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak cara yang bisa dilakukan untuk cara menghilangkan jerawat. Mulai dari memanfaatkan produk-produk kosmetik yang bisa dibeli di pasaran, sampai bahan-bahan yang diolah secara alami. Sebelum mengambil tindakan untuk mengatasi masalah jerawat alangkah baiknya Anda pahami penyebab dari munculnya jerawat.

Secara umum penyebab timbulnya jerawat bisa dipengaruhi empat hal:

  1. Dalam kulit yang terdapat sel-sel yang mati yang bisa menutup dan menyumbat pori-pori kelenjar pilosebasea.
  2. Minyak jerawat (sebum) yang berlebihan.
  3. Banyaknya pertumbuhan bakteri Propionibacterium Acnes.
  4. Terjadinya peradangan yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Mengatasi masalah jerawat pada wajah, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter, dan bisa mencoba menghilangkan jerawat sebagai berikut:

Mencuci Wajah Secara Rutin

Mencuci wajah secara konsisten dan dilakukan secara rutin  ternyata merupakan salah satu cara untuk menghilangkan jerawat yang tidak boleh diremehkan. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa jerawat yang timbul, disebabkan dari pori-pori yang tersumbat. Mencuci wajah sebanyak dua kali dalam sehari bisa mengindari timbulnya jerawat. Hal ini harus diperhatikan, jangan berlebihan ketika mencuci wajah, karena bisa menghilangkan minyak alami pada wajah. Anda bisa mencuci wajah dengan memilih sabun yang cocok dengan kondisi kulit wajah.

Memperhatikan Bahan Perawatan Rambut

Sebagian orang yang sering menggunakan produk perawatan rambut seperti minyak rambut yang tidak sengaja menempel di wajah bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Anda harus menghindari jika minyak atau produk rambut yang menempel ke wajah. Rajin mencuci rambut secara rutin bisa mencegah Anda dari masalah jerawat. Dilansir dari Medical News Today mengatakan produk perawatan rambut seperti hair gel atau hair spray agar tidak menempel ke wajah, karena bisa menutup pori-pori wajah.

Memencet Jerawat

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah memencet ketika jerawat muncul. Memang timbulnya jerawat membuat seseorang tidak merasa percaya diri dan sedikit menggangu. Sebaiknya hal ini menghentikan dan tidak melakukannya karena akan memperparah kondisi jerawat. Memencet atau memijat wajah dalam kondisi jerawat yang parah akan membuat kulit semakin meradang sehingga bisa menimbulkan bekas jerawat nantinya.

Memilih Makanan yang Tepat

Terkadang beberapa makanan yang dikonsumsi bisa memperburuk keadaan jerawat pada wajah Anda. Dilansir dari American Academy of Dermatology mengatakan beberapa makanan yang banyak mengandung indeks glikemik atau makanan yang mengandung tinggi karbohidrat bisa meningkatkan risiko jerawat. Contohnya makanan jenis kue, atau produk susu olahan.






LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2