-->

Iklan Atas Artikel

Cara Riset Kata Kunci dengan Google Trends

Cara Riset Kata Kunci dengan Google Trends - Google Trends merupakan produk dari Google yang memiliki fungsi sebagai mesin pencari suatu topik  yang banyak dicari diseluruh dunia. Anda juga bisa memilih trend berdasarkan negara yang dipilih. Google trends bisa memberikan informasi mengenai jumlah pencarian dari situs tertentu dalam rentang waktu yang sudah ditentukan. Hal yang menarik lain dari Google Trends bisa memberikan informasi terkait jumlah traffic dari suatu situs dengan waktu yang berbeda.

Apa Google Trends itu?

Secara sederhana Google Trends dibuat oleh Google berupa situs atau website yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi atau analisa ketika Anda memasukan keyword yang banyak dikunjungi oleh pengguna Google di seluruh negara. 

Keunikan dari Google Trends ini Anda bisa memakainya karena mendukung banyak bahasa di seluruh dunia. Seperti diketahui Google Insights for Search dirilis pada 5 Agustus 2008 lalu. Nama tersebut kurang populer kemudian diganti menjadi Google Trends pada 27 September 2012.

Sebagian besar para blogger belum mengetahui mengenai fungsi dari produk Goolge satu ini. Google Trends bisa dimanfaatkan sebagai tools gratis untuk riset kata kunci produk bisnis SEO atau menulis konten artikel. Tidak hanya itu, Google Trends juga tidak sebatas pada segmen SEO saja, bisa digunakan untuk tujuan yang lain.

Cara Menggunakan Google Trends untuk Riset Kata Kunci

Banyak blogger atau pengguna website yang menggunakan Google Trends. Bahkan, kebanyakan blogger memanfaatkan untuk Google Trends mencari kata kunci dari layanan gratis ini. Namun, kekurangan dari Google Trends ini hanya menampilkan secara keseluruhan, dan tidak menampilkan data potensial secara gratis.

Fitur yang dimiliki Google Trends ini bisa menampilkan bulan, negara, kategori, dan device yang digunakan. Sekilas kalau dilihat antara Google Trends dan Google Keyword Planner hampir sama karena sama-sama menampilkan grafik, tetapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Pembahasan kali ini hanya fokus ini pada Google Trends. Tahap awal silakan Anda masuk ke halaman Google Trends, dan masukan pada pilihan negara dan lokasi Anda, kemudian masukan kata kunci yang ingin dicari trendingnya dan pilih jangka waktu tertentu. Di bawah ini saya contohkan misalnya mencari kata kunci "resep odading", pilihan negara, waktu, kategori, dan penelusuran. Anda bisa melihat langsung hasilnya dengan perkembangan grafik dari waktu tertentu.

Cara Riset Kata Kunci dengan Google Trends

Anda bisa mengetahui secara detail wilayah trend tersebut berasal dan paling banyak dicari. Secara umum trend bisa dilihat dari kota-kota besar yang berada di Indonesia, hal ini sebabkan karena di sebagian kota kebutuhan internet sudah terpenuhi.

Secara sederhana Google Trends bisa memberikan gambaran untuk blog Anda untuk memantau topik apa saja yang sedang hangat dibicarakan. Anda bisa secara langsung mengetahui minat terhadap produk tertentu untuk dijadikan tools dalam menyusun strategi marketing di masa mendatang. 


LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2