-->

Iklan Atas Artikel

Tips Jitu Mengerjakan Soal Psikotes untuk Bekerja

Tips Jitu Mengerjakan Soal Psikotes - Psikotes adalah instrumen yang digunakan dalam seleksi penerimaan kerja yang banyak dilakukan oleh perusahaan atau industri besar maupun startup. Fungsi dari psikotes sendiri adalah untuk mengetahui watak atau sifat seseorang seperti personality, attitude, inteljensi, dan interest.

Nilai psikotes sangat berpengaruh besar terhadap penerimaan kerja, dan sebagai penentu diterima atau tidaknya di perusahaan. Hal yang harus diingat dalam tes psikotes ini yaitu bukan mengenai masalah benar atau salah dalam mengerjakan soal-soal psikotes, tetapi sebagai penentu cocok atau tidaknya Anda bekerja dengan posisi jabatan di perusahaan tersebut.

tips-jitu-mengerjakan-soal-psikotes

Selain itu tes psikotes merupakan langkah awal yang harus dikerjakan untuk mendapatkan posisi di perusahaan. Kesempatan ini tentunya sudah diprediksi oleh orang yang mempunyai strategi jitu mengerjakan soal psikotes, bahkan mereka yang ingin lulus rela mengeluarkan biaya untuk membeli buku dan tulisan mengenai tips jitu mengerjakan soal psikotes agar lulus dalam tahapan seleksi. Jika Anda mengunjungi salah satu toko buku, maka Anda akan melihat banyak sekali buku mengenai tips mengerjakan soal psikotes.

Tips Jitu Mengerjakan Soal Psikotes

Harus dipahami terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal psikotes. Soal psikotes termasuk dalam kategori susah-susah gampang untuk sebagian orang, karena soal psikotes dibuat untuk mengukur dan mengetahui karakter dari calon karyawan. Maka tak heran, banyak perusahaan yang menggunakan tes psikotes ini. Ada baiknya sebelum Anda mengikuti tes psikotes di perusahaan persiapkan hal-hal berikut:

1. Optimis atau Percaya Diri

Langkah pertama sebelum mengikut tes psikotes adalah memunculkan rasa percaya diri dan perasaan optimis. Jika Anda sudah matang secara fisik dan mental untuk melahap banyak soal psikotes, rasa percaya diri yang tinggi tentu sangat membantu dalam memberikan sugesti positif di alam bawah sadar Anda. Kesiapan yang Anda bangun akan mempermudah  mengerjakan soal-soal psikotes. Berbeda jika perasaan pesimis, Anda akan kesulitan dalam menghadapi berbagai soal tes psikotes.

2. Latihan Soal-Soal Psikotes

Selain rasa percaya diri yang tinggi, langkah selanjutnya adalah perbanyak mengerjakan soal latihan psikotes. Prinsipnya soal yang diberikan saat psikotes kebanyakan memiliki tipe soal yang sama. Hanya saja soal yang diberikan diubah dalam cara dan bentuk pengerjaan yang berbeda. Kemudahan menemukan soal psikotes, Anda bisa mendapatkannya melalui internet atau membeli buku. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kesiapan yang dibangun.

3. Konsentrasi dan Fokus

Konsentrasi dan fokus merupakan tips mengerjakan soal psikotes selanjutnya. Ketenangan, fokus, dan konsentrasi adalah hal penting dalam mengerjakan berbagai soal psikotes. Jika tidak ada hal tersebut maka hasil yang Anda raih akan sia-sia. Contohnya ada seseorang yang pintar atau cerdas tetapi tidak memiliki ketenangan dan ketelitian, hasilnya kemungkinan akan gagal dalam tes intelegensinya.

4. Berdoa

Setiap orang mempunyai keyakinan masing-masing. Setelah langkah usaha kerja keras dilakukan, jalan terakhir adalah memasrahkan diri kepada Tuhan. Banyak orang yang masih meremehkan hal ini, padahal kalau melihat hakikat keberhasilan seseorang, ia tidak terlepas dari segala kehendak Tuhan. Oleh karena itu, sebelum melakukan dan mengerjakan soal-soal tes Psikotes biasakan terlebih dahulu untuk berdoa.

Sesuatu yang berharga biasanya didapat dari sebuah pengalaman, banyak orang sudah mengikuti tes psikotes namun selalu saja gagal. Setelah Anda mempersiapkan keempat hal di atas, tentunya Anda harus sering memberikan evaluasi terhadap pengalaman saat mengerjakan soal psikotes khusunya buat orang yang masih gagal. Carilah kekurangan dalam mengerjakan soal-soal psikotes dan segera ambil solusi untuk memecahkannya. Biasakan membaca jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan tes dimulai. Pada kesempatan ini akan berbagi tips jitu mengerjakan soal psikotes dengan mudah dan cepat.

1. Tes Logika Aritmatika

Soal psikotes ini biasanya terdapat soal deretan angka. Soal ini bertujuan mengukur kemampuan dalam analisa dan memahami pola-pola dalam bentuk deret angka. Anda harus memprediksikan kemunculan angka berdasarkan pola tersebut. Berikut tips jitunya:

Jangan dibiasakan dan terpaku pada angka 3-4 terdepan dalam hitungan deret, biasakanlah untuk melihat hitung deret untuk keseluruhan, karena untuk deret angka bisa berupa urutan, pengelompokan lompat, atau pengelompokan urut.

Selalu melihat keterbatasan waktu yang Anda miliki dan jangan terpaku pada soal yang dianggap sulit. Lewati soal yang dianggap sulit, dan kerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu. Soal-soal ini bisa Anda dapatkan di buku seperti SPMB, CPNS dan materi deret angka lainnya.

2. Tes Logika Penalaran

Tipe tes logika penalaran bisa berupa deret gambar baik tiga maupun dua dimensi. Sama pada tipe sebelumnya, tujuan dari tes ini adalah untuk memahami pola, kecenderungan dalam bentuk gambar, dan selanjutnya diprediksi berdasarkan pola-pola tersebut. Cara mengerjakannya adalah dengan hati-hati, teliti, tenang, dan konsentrasi. Jangan terjebak dengan gambar yang hampir terlihat sama, cari sedetail mungkin setiap perbedaan pada soal.  Perhatikan juga batas waktu yang diberikan.

3. Tes Verbal

Soal yang diberikan pada umumnya 40 soal yang terdiri dari sinonim (persamaan makna kata), harus diingat sinonim itu artinya persamaan makna kata, bukan persamaan kata. Begitu juga sebaliknya dengan soal antonim (lawan makna kata) yang menjadi lawannya adalah makna bukan kata, dan tes analogi kata. Tes ini bertujuan untuk mengetahui cara Anda dalam mengatasi sebuah masalah. Tips mengerjakan soal ini bisa dengan cara menghafal soal dan jawaban, karena biasanya soal yang diberikan relatif sama.

4. Tes Pauli Kraeplien

Tes ini biasanya berupa angka-angka yang tersusun dari atas ke bawah dalam bentuk lajur. Anda harus menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu yang diberikan pada setiap kolom dan ditulis di sampingnya. Tujuan tes ini untuk mengukur ketahanan, tekanan, konsistensi, ketelitian, dan kemampuan diri. 

Tips mengerjakan soal ini:

Gunakanlah pensil atau pulpen yang biasanya, jangan menggunakan pensil mekanis, karena pensil ini harus reload terlebih dahulu. Jumlah angka yang ditambahkan harus stabil, karena akan lebih baik daripada Anda memaksakan dari awal. Lakukan pengerjaan dengan jujur, jika curang maka akan banyak waktu yang terbuang.

5. Tes Wartegg

Tes Wartegg terdiri dari soal 8 kotak yang terdapat bentukan seperti garis, titik, kurva, 3 garis sejajar, garis yang saling memotong, tujuh buah titik, titik tersusun melungkung, dan garis lengkung. Anda harus menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang sudah dibuat, dan menuliskan nomor pada gambar yang tidak disukai, disukai, sulit, dan mudah menurut pendapat Anda.

6. Tes DAM (Draw A Man)

Pada tes ini Anda harus menggambar seseorang, kemudian  mendeskripsikan usia, jenis kelamin, dan kegiatan dari orang yang Anda gambar. Tujuan tes ini untuk menggambarkan sikap tanggung jawab, ketahanan, rasa percaya diri Anda. 

Tipsnya:

Mulai menggambar tubuh seseorang dimulai dari ujung kepala sampai kaki, berikan detail wajah seperti mata, mulut, hidung, dan telinga. Perjelas gambar yang Anda buat, misalnya dalam gambar tersebut sedang melakukan aktivitas seperti membawa peralatan, atau bos yang sedang membaca koran, dan sebagainya sesuai dengan kreatifitas Anda.

7. Menggambar Pohon

Tes ini mengharuskan Anda menggambarkan pohon dengan kriteria tertentu misalnya bercabang, berbuah, atau berkambium. Ingat Anda jangan mengambar pohon jenis bambu, pisang atau semak. Tips mengerjakannya usahakan Anda menggambar secara detail dari setiap bagian pohon misalnya tangkai, daun, akar, dan ranting.

Sekian tips jitu mengerjakan soal psikotes untuk persiapan Anda sebelum melamar pekerjaan. Berhasil tidaknya sangat bergantung pada usaha dan kerja keras Anda. Selamat berlatih!

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2