Skip to main content

Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja dan Manfaat yang Didapatkan

Tips Lolos Kartu Prakerja dan Manfaat yang Didapatkan - Di tengah kondisi pandemi Covid-19 memang sangat diharapkan oleh masyarakat yang merasa kesulitan mendapatkan pekerjaan, harapan ini juga berlaku untuk Pemerintah Republik Indonesia, program Kartu Prakerja ini bertujuan bisa membantu untuk calon tenaga kerja yang mempunyai keahlian dan keterampilan melalui pelatihan secara online ataupun offline.

Program kartu prakerja sudah berlangsung dari bulan April 2020 minggu kedua, dan masih dibuka hingga saat ini sesuai dengan gelombangnya. Program Kartu Prakerja bisa diikuti tidak hanya untuk mereka fresh graduate yang sedang dalam mencari pekerjaan, tetapi untuk buruh, pegawai dan karyawan.

tips-lolos-seleksi-kartu-prakerja

Mendapatkan Insenstif Bulanan

Denni Purbasari selaku Dikrektur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menyampaikan untuk setiap peserta yang mengikuti Program Kartu Prakerja akan dapat uang insenstif sebesar Rp3.550.000 secara bertahap dalam waktu empat bulan ke depan. Rinciannya insentif tersebut berupa bantuan pelatihan Rp1000.000, setelah pelatihan akan mendapatkan Rp600.000 selama empat bulan, dan survei Rp50.000/survei untuk tiga kali survei. Target pada tahun 2020 pada Program Kartu Prakerja menyasar hingga 5,6 juta peserta dengan bentuk bantuan pelatihan dan insentif.

Insentif bulanan yang bisa diterima melalui rekening e-wallet atau rekening bank yang sebelumnya sudah didaftarkan di akun Prakerja dengan harapan insentif tersebut bisa membantu para pencari kerja, buruh, guru honorer, ataupun pekerja yang sedang terdampak ekonomi pandemi Covid-19.


Meningkatkan Peluang Kerja

Salah satuh platform penyelenggara pelatihan Program Kartu Prakerja, Kartu Prakerja memberikan dan menawarkan sertifikasi keahlian dengan memprioritaskan karyawan yang sudah mendapatkan Kartu Prakerja sehingga bisa mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan karier.

Berikut manfaat dari pelatihan Program Kartu Prakerja:

1. Efektivitas dalam bekerja

Pekerja yang sudah terlatih dinilai bisa memanfaatkan peralatan dan bahan kerja secara ekonomis dan praktis. Sementara risiko kerusakan dan kecelakaan bisa diminimalisasi jika dilakukan oleh pekerja yang sudah terlaltih. Selain itu mampu mengurangi biaya produksi. Karyawan yang sudah memiliki sertifikat memiliki keuntungan tersendiri untuk perusahaan ataupun industri.

2. Produktif

Pekerja yang sudah terlatih pada umumnya akan menunjukan produktivitas yang besar, dan menunjukan hasil kerja dengan standar yang baik dibandingkan pekerja yang tidak terlatih. Manfaat pelatihan tersebut untuk meningkatkan skill dalam melakukan pekerjaan baik kualitas maupun kuantitas dalam suatu perusahaan atau industri.

3. Standar Prosedur

Setiap perusaahan memiliki standar yang berbeda, dan kadang mempunyai tuntutan dan tantangan yang tinggi. Dengan demikian perusahaan akan memerlukan karyawan yang terlatih dan memiliki pengalaman untuk mencapai target.

4. Sedikit Pengawasan

Pekerja yang mengikuti pelatihan dan terlatih, tanggung jawab terhadap pengawasan kerja akan berkurang sehingga pihak perusahaan bisa menghemat energi pada unit tertentu, dan mendistribusikan pada kebutuhan kerja yang mendesak saja. Hal ini bukan berarti menghilangkan pengawasan kerja, tetapi mengurangi terhadap kebutuhan pengawasan.

5. Pekerja Terampil

Banyak perusahaan yang kesulitan dalam rekrutmen karyawan, dengan demikian sertifikat pelatihan yang didapatkan bisa dijadikan rujukan pertimbangan untuk menemukan karyawan yang diharapkan bisa mempersingkat terhadap proses penerimaan karyawan.

Kartu Prakerja dalam beberapa gelombang sudah di buka, kartu prakerja merupakan bantuan dana dari pemerintah yang bisa digunakan untuk melakukan pelatihan program kerja sebelum nantinya terjun langsung ke dunia kerja.

Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja

Antusias masyarakat terhadap program kartu prakerja ini banyak mendapat tanggapan yang positif. Banyak masyarakat yang berhasil dalam proses pendaftaran hingga memperoleh sertifikat dan insentif, dan banyak pula yang gagal dalam prosesnya. Untuk Anda yang sering gagal tidak perlu khawatir, karena bisa mendaftar di gelombang berikutnya.

Apabila Anda sering gagal dalam proses pendaftaran gelombang, artinya Anda harus menggunakan tips atau cara lain supaya bisa mendapatkan dana dari kartu prakerja tersebut. Dilansir dari PORTAL JEMBER berikut langkah-langkah agar lolos untuk program Kartu Prakerja salah satunya dengan mengisi surat pernyataan:

  1. Silakan masuk ke akun prakerja, kemudian klik bagian "FAQ".
  2. Setelah halaman FAQ terbuka pada bagian atas di menu geser ke kanan dan pilihlah "Status Lolos" atau Tidak Lolos Kartu Praker".
  3. Bacalah dengan cermat, kemudian download surat tersebut.
  4. Apabila surat pernyataan berupa PDF, Anda bisa convert terlebih dahulu ke file word.
  5. Isilah surat pernyataan dengan identitas diri yang benar.
  6. Pada bagian bawah, tambahkan tempat dan tanggal penulisan, dan bagian materai 6000 bisa dihapus saja.
  7. Kemudian print surat pernyataan yang sudah Anda buat kemudai tambahkan materai 6000
  8. Jika sudah di-print, scan menggunakan aplikasi "CamScanner" yang sudah diunduh di Android, lalu simpan dengan file dan nama jelas dengan format PDF.
  9. Silakan buka akun gmail untuk mengirim surat pernyataan yang sudah dibuat dan kirim ke email prakerja, jangan lupa pada bagian subject isilah dengan "SURAT PERNYATAAN".
  10. Jika sudah terkirim, periksa kembali email surat pernyataan yang sudah dibuat, dan sudah benar-benar terkirim.

Nah itulah merupakan tips supaya Anda bisa lolos untuk lolos seleksi Kartu Prakerja dan manfaat yang didapat setelah mengikuti pelatihan program Kartu Prakerja. Semoga bermanfaat!


Comments

Popular posts from this blog

Template Oreo 1.4 Terbaik untuk Blogger

Penggunaan template yang tepat untuk blog, menjadi persyaratan penting sebelum Anda mengajukan dan memasang iklan dari Google AdSense.  Template Oreo 1.4 Terbaik untuk Blogger Informasi buat Anda yang ingin diterima Google AdSense tidak adalah salahnya kalian mencoba template oreo 1.4 ini. Selain gratis, kecepatan template ini sangat luar biasa dan berasa template premium.  Selain mempunyai speed luar biasa, SEO dari template ini bisa diperhitungkan cocok sekali untuk pengguna mobile dan mobile friendly, tidak mempunyai masalah dengan breadcrumbs, artikelnya cepat terindex, karena Google sangat menyukai template yang cepat seperti Oreo 1.4 ini. Template yang saya dapatkan dari bang Indra ini gratis, dan untuk oreo 1.4 ini sudah dilakukan untuk perubahan seperti di bagian komentar yang menggunakan disqus . Anda tidak perlu khawatir karena template ini menggunakan lazy disqus . Buat Anda yang penasaran dengan template ini silakan download saja secara gratis! Down

Silakan Coba! 7 Hari Blog Sudah diterima Google AdSense

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi pengalaman tentang selama 7 hari blog diterima Google AdSense . Sengaja Admin bagikan supaya bisa memotivasi, agan-agan yang tentunya sudah master dalam dunia blog. Masuk ke topik utama bahasan, kalau kalian lihat Google AdSense memberikan pesan pada Kamis, 20 Agustus 2020 Pukul 14.47. Saat itu usia blog saya hanya beberapa hari dari informasi dikirim dari Google tersebut. Tepatnya admin kurang mengetahui, tetapi intinya blog yang saya ajukan kurang lebih dari 7 hari. Waktu yang cukup singkat untuk seorang blogger pemula. Saat itu admin hanya iseng mendaftarkan blog dengan domain TLD  https://www.cope.online  Bermodalkan domain bekas dengan parameter di bawah ini: Setelah membaca dari berbagai sumber tentang DA, PA sebuah blog, buat saya tidak begitu diperhitungkan untuk pendaftaran Google AdSense, asalkan blog yang kita daftarkan mempunyai reputasi baik di mata Google AdSense.  7 Hari Blog Sudah diterima Google Ad