-->

Iklan Atas Artikel

Tsunami 20 Meter Mengancam Selatan Jawa dan Wilayah Indonesia Lain

Tsunami 20 Meter Mengancam Selatan Jawa dan Wilayah Indonesia Lain - Institut Teknologi Bandung (ITB) beberapa hari yang lalu telah menyampaikan hasil risetnya. Dalam riset tersebut mengatakan akan adanya potensi tsunami di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa yang diperkirakan mencapai hingga tsunami 20 meter

Tsunami 20 Meter di Jawa dan Daerah Lain
Photo: pixabay.com

ITB telah melakukan penelitian dan memprediksi tsunami berdasarkan pengolahan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan sumber data dari Global Positioning System (GPS). Hal ini didukung dari pernyataan BMKG yang mengatakan ada pergerakan lempengan yang cukup aktif pada wilayah Eurasia dan Indo-Australia.

Rahmat Triyono sebagai Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG mengatakan, wilayah Selatan Pulau Jawa merupakan salah satu kemungkinan besar akan mengalami dampak dari pergerakan lempengan tektonik di wilayah Eurasia dengan Indo Australia atau Lempeng Sunda sehingga lokasinya berada di Selatan Jawa Laut Lepas. Lebih lanjut Rahmat menambahkan bahwa ada kemungkinan potensi dapat dilihat dari data seismic grap atau ada kekosongan gempa dalam waktu yang cukup lama dengan magnitudo yang tinggi.

Data-data tersebut terdapat seismic grap di wilayah Selatan Jawa, dan sebenarnya terdapat dua bagian. Bagian tersebut jika terjadi patahan dalam waktu yang bersamaan, maka akan mengakibatkan gema dengan magnitudo 9.1, dan apabila gempa itu terjadi akan memicu patahan bagian dari lempeng lain sehingga menimbulkan gempa dengan kekuatan magnitudo tinggi.

Selain itu Rahmat menambahkan potensi ancaman tsunami tidak hanya terjadi di Pulau Jawa, banyak daerah di wilayah Indonesia akan terdampak seperti Pantai Sumatera, Nusa Tenggara, Selatan Balu, Manado, Utara Papu, dan Sulawesi Utara. Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak pertemuan antar lempeng sehingga bisa berpotensi tsunami di banyak daerah. 

Ancama Tsunami ini bisa terjadi di sepanjang wilayah yang mempunyai pertemuan lempengan tektonik, mulai dari laut Andaman pada bagian Tenggara Pulau Sumatera, Simuele, Nias, Mentawai, Enggano sampai selatan Jawa dan Nusa Tenggara. Wilayah tersebut semuanya mempunyai potensi sumber gempa yang bisa mengakibatkan tsunami.


LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2