-->

Iklan Atas Artikel

Ulang Tahun Google Ke-22 dan Alasan Berubah-ubah?

Ulang Tahun Google Ke-22 dan Alasan Berubah-ubah? - Tepatnya pada Minggu tanggal 27 September 2020 Google tengah merayakan hari jadinya yang ke-22 tahun. Seperti biasanya, Google selalu memberikan hal yang unik dengan memasang gambar di Google Doodle. Hal yang unik Google Doodle kali ini menampilkan gambar animasi huruf 'G' yang berwarna biru dengan berbagai hiasan topi ulang tahun. Huruf 'G' tersebut mengartikan seperti manusia yang tengah duduk berhadapan dengan laptop dan ditemani kue ulang tahun, kemudian dilengkapi kotak merah yang dibungkus diikat dengan tali kuning seperti kado.

Animasi tersebut menggambarkan huruf G yang sedang berkomunikasi video call dengan huruf yang lain, artinya Google sedang merayakan ulang tahun secara virtual, karena bertepatan dengan pandemi Covid-19. Maksud dari ulang tahun Google tersebut bertujuan untuk mengkampanyekan dan menyosialisasikan untuk selalu menjaga jarak demi mencegah penyebaran virus Covid-19.

Dilansair dari laman Google, penamaan Google diambil dari istilah matematika yang ramai muncul pada tahun 1920. Saat itu ada seorang yang bernama Edward Kasner merupakan salah satu pakar matematika yang sedang berjalan di hutan New Jersey menyuruh kepada keponakannya yang bernama Milton Sirotta untuk memilih angka 1 diikuti 100 angka nol.

Secara spontan Milton menjawab "googol!"

Ucapan Milton tersebut menjadi visibilitas luas setelah dua puluh tahun kemudian dan Kasner memasukan ke dalam bukunya. Buku karangan Kasner yang berjudul "Matematika dan Imajinasi" terbit pada tahun 1940. Google secara resmi dimasukan ke dalam kamus Oxford bahasa Inggris yang sekaligus merupakan kata kerja pada tahun 2006.

Kapan Google didirikan?

Dilansir dari independent.co.uk, mesin pencarian terbesar di dunia ini untuk pertama kalinya didirikan pada bulan September 1998. Google didirikan oleh dua orang pemuda yang bernama Larry Page dan Sergen Brin yang merupakan mahasiswa PhD di Universitas Stanford California.

Selama dua tahun mereka bekerja sama untuk mengembangkan algoritma penelusuran yang dikenal dengan istilah "Backrub". Alasan Page dan Brin memilih nama Google bertujuan untuk proyek baru, karena mengingat kata "Googol". Istilah Googol ini mempunyai arti angka 10 yang dipangkatkan 100.

Page dan Brin berinovasi untuk melakukan perubahan terhadap World Wide Web generasi pertama, kemudian beralih untuk tujuan mengatur infomasi dunia agar bisa diakses secara global. Di awal karir mereka diikuti oleh saingan mesin pencari lain seperti Ask Jeeves dan Yahoo. 

Namun, hingga saat ini Google lebih berkembang menjadi web atau situs paling diminati di seluruh dunia, dan lebih 70.000 pencarian dilakukan setiap detiknya. Istilah "Google" yang mempunyai arti "mencari secara online" telah dimasukan ke dalam kamus Merriam-Webster dan Oxford kamus bahasa Inggris di tahun 2006.

Ulang Tahun Google Berubah-ubah?

Belum ditemukan alasan pastinya. Tanggal ulang tahun Google mengalami perubahan selama beberapa tahun tanpa adanya penjelasan.

Menurut situs Wikipeda, secara resmi Google didirikan pada tanggal 4 September 1998. Namun, hal ini berbeda pada ulang tahun yang ke-5 pada tanggal 8 Spetember 2003, kemudian Google merayakan ulang tahun yang ke-6 pada tanggal yang berbeda yaitu 7 September. Pada tahun 2005 hari ulang tahun Google berubah menjadi tanggal 26 September.

Hal ini menjadi pertanyaan, kapan sebenarnya Google berulang tahun? Dilansir dari Kompas Tekno, awalnya perusahaan teknologi terbesar ini merayakan ulang tahun untuk setiap tanggal 7 September. Google menganggap tanggal tersebut sebagai tanggal didirikan perusahaan, tetapi tanggal tersebut diubah. Google kemudian menyatakan tanggal 4 September adalah tanggal berdirinya Google.

Tahun 2006 ulang tahun Google menjadi 27 September, tujuannya Google memilih tanggal tersebut agar perusahaan bisa memberitahukan mengenai pencapaian jumlah halaman yang sukses diindeks Google oleh mesin pencari Google. 

Baca Juga: Cara Artikel diindeks Meski Diblokir Robot.txt

Google masih mempertahankan tanggal 27 September sebagai hari ulang tahunnya sekaligus ulang tahun Google yang ke-22. Sementara Google memperlihatkan Google Doodle yang mirip dengan seseorang sedang video call, bertepatan pada situasi pandemi saat ini.






LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2