-->

Iklan Atas Artikel

4 Aplikasi Belajar Online Terbaik

4 Aplikasi Belajar Online Terbaik - Sejak Juli 2020 merupakan tahun ajaran baru untuk tahun 2020/2021 sudah dimulai untuk pelaksanaan belajar. Sayangnya pandemi di Indonesia hingga saat ini masih berlangsung sehingga kegiatan belajar mengajar secara tatap muka harus dihentikan untuk beberapa waktu. Kemendikbud kemudian mengeluarkan kebijakan mengenai pedoman Pembelajaran Jarak Jauh. Beberapa sekolah yang berada di zona hijau sebagian kecil masih bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka. Namun, bagi sekolah yang terdampak terpaksa harus melaksanakan kegiatan pembelajaran secara online di rumah masing-masing.


Dengan kemajuan teknologi, belajar tidak hanya bisa dilaksanakan secara tatap muka, tetapi bisa juga dilaksanakan secara online. Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan oleh peserta didik selama pandemi. Manfaat belajar online tidak hanya dirasakan oleh peserta didik tetapi tenaga pendidik pun bisa memanfaatkan aplikasi belajar ini.

Aplikasi belajar online ini didesain berbagai macam fitur seperti layaknya belajar tatap muka seperti ujian mandiri, tryout, dan soal-soal latihan. Materi yang disajikan pun sangat beragam mulai dari audio, gambar, video, dan animasi. Dengan bermodalkan internet, orang tua peserta didik bisa secara langsung membantu dan mengawasi proses belajar online tersebut.

Bagi para guru dan peserta didik yang harus belajar secara online, terdapat beberapa aplikasi untuk membantuk proses belajar. Berikut 4 aplikasi belajar online terbaik yang bisa digunakan:

1. Rumah Belajar

Aplikasi belajar online Rumah Belajar merupakan aplikasi yang dibuat oleh Kemendikbud Republik Indonesia. Materi yang disajikan pun beragam mulai dari PAUD sampai tingkat SMA/SMK. Aplikasi ini didukung dengan fasilitas Buku Sekolah Elektronik (BSE). Peserta didik yang tidak mempunyai buku belajar secara fisik bisa secara langsung mendapatkannya di aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi rumah belajar memberikan layanan pembelajaran secara interaktif, seperti audio, animasi, video, dan gambar. Aplikasi Rumah belajar dilengkapi dengan fitur seperti bank soal, Peta Budaya, Laboratorum Maya, Edugame, Sumber belajar, dan sebagainya.

2. Ruangguru

Aplikasi belajar online selanjutnya adalah Ruangguru yang merupakan aplikasi bimbingan belajar secara online yang sudah disesuaikan dengan kurikulum nasional. Mulai dari SD, SMP, SMA, hingga persiapan SBMPTN. Aplikasi ini dirancang dengan baik oleh pengajar yang sudah berpengalaman. Fitur yang didapat dari aplikasi Ruangguru seperti ribuan video belajar yang bisa didownload tanpa kuota internet dan dilengkapi dengan latihan soal, serta pembahasan yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan siswa.

3. Quipper

Aplikasi belajar online berikutnya adalah Quipper yang memberikan pembelajaran secara gratis mulai dari SMP hingga SMA yang mengalami dampak dari pandemi. Kurikulum yang disediakan sangat lengkap dan sesuai dengan kurikulum nasional. Peserta didik bisa melaksanakan pembelajaran secara online dan bisa mengunduh pembelajaran secara offline.

Layanan utama dari QuipperSchool yaitu dengan pembelajaran melalui Quipper Video secara mandiri yang bisa diakses oleh peserta didik kelas 9-12, kemudian QuipperVideo Master Class dengan layanan premium dari Quipper Video dengan fitur tanya tutor dan bimbingan online untuk peserta didik kelas 10-12. Layanan belajar melalui Quipper ini sama dengan pembelajaran online seperti pemberian materi, tes atau ujian, dan bisa memantau perkembangan belajar peserta didik.

4. Zenius

Merupakan aplikasi belajar online sekaligus pioneer. Zenius berdiri sejak tahun 2004. Tujuannya menumbuhkan semangat belajar dan eksplorasi. Zenius menyediakan materi pembelajaran mulai dari SD hingga SMA. Materi yang disajikan dibuat oleh pengajar dari lulusan dalam dan luar negeri. Fitur yang terdapat dari aplikasi ini seperti tryout, simulai UTBK, bank soal, video, laporan belajar dan sebagainya. Pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kurikulum nasional.

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2