-->

Iklan Atas Artikel

7 Cara Belajar yang Efektif Menghadapi Ujian

7 Cara Belajar yang Efektif Menghadapi Ujian - Belajar merupakan kewajiban bagi semua orang termasuk siswa dan mahasiswa yang tidak terlepas dari aktivitas belajar. Pelajar yang baik tentunya bisa memanfaatkan segala situasi secara efektif dan efesien. Belajar yang baik bisa menghasilkan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Namun, apakah Anda sudah memanfaatkan belajar dengan baik? Berikut beberapa cara belajar yang efektif:

7 Cara Belajar yang Efektif Menghadapi Ujian

1. Suasana

Hasil belajar setiap orang berbeda-beda, tergantung kemampuan dan usaha masing-masing. Suasana dalam belajar adalah faktor penting untuk membangun suasana belajar yang nyaman. Terkadang orang bisa konsentrasi penuh jika suasana belajar hening tanpa gangguan apapun, begitu juga sebaliknya ada sebagian orang yang bisa belajar dengan baik jika dalam suasana ramai dan lalu lalang. Banyak cara agar suasana belajar bisa memberikan suasana yang nyaman seperti Anda bisa belajar dengan mendengarkan musik klasik, belajar di tempat yang jauh dari keramaian misalnya taman, dan ruangan yang sejuk.

2. Meringkas Materi

Gaya belajar dapat menentukan keberhasilan seseorang dalam mendapatkan ilmu pengetahuan, salah satunya Anda bisa mengambil poin penting dalam topik pembelajaran. Misalnya dalam halaman buku, jika Anda membaca secara keseluruhan maka akan memakan banyak waktu, ambilah ide pokok atau inti dari materi tersebut. Hal ini akan memberikan kemudahan untuk mengingat dan memahami materi-materi yang Anda baca.

3. Belajar Kelompok

Ada waktunya Anda bisa memanfaatkan belajar secara kelompok, sesuatu yang dibangun secara bersama-sama akan terasa lebih mudah termasuk belajar kelompok merupakan teknik belajar yang efektif karena suasana belajar yang dibangun akan memberikan kenyamanan terhadap materi pembelajaran yang akan diterima. Selain itu, Anda bisa lebih mudah untuk menerima masukan dan masalah yang diselesaikan dengan tanya jawab. Belajar bersama sangat baik untuk siswa dan mahasiswa yang akan menghadapi ujian.

4. Menyingkat dan Memodifikasi Materi

Cara ini merupakan cara yang efektif untuk sebagian orang yang merasa kesulitan dalam menerima atau menghafal materi. Anda bisa menggunakan nama-nama yang bisa mewakili materi, atau membuat nama yang unik yang bisa digunakan untuk mengingat materi-materi yang sulit, karena otak bisa dengan mudah menerima informasi atau istilah-istilah yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya unsur-unsur dalam teks berita menggunakan pertanyaan apa, dimana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana. Anda bisa menyingkatnya dengan ADIKSIMBA.

5. Mempraktikkan

Mempraktikkan suatu materi adalah cara efektif dalam belajar. Misalnya ketika Anda belajar ilmu pengetahuan alam, Anda bisa mengamati beberapa tumbuhan, hewan, atau apapun yang ada di sekitar rumah anda. Dengan cara seperti ini suasana belajar Anda akan terasa lebih mudah.

6. Konsisten

Suatu pekerjaan yang dilakukan secara konsisten akan terasa lebih mudah. Sama halnya dengan belajar, durasi belajar singkat tetapi berkelanjutkan hal ini lebih baik daripada belajar yang terlalu lama. Anda bisa mengatur waktu belajar setiap hari dan membaginya ke dalam sesi dengan durasi tidak terlalu lama. Cara ini cukup efektif dalam kondisi rileks daripada belajar dengan durasi berjam-jam sehingga Anda merasa bosan.

7. Jangan Menghafal

Menghafal merupakan cara yang tidak efektif dilakukan oleh pelajar, karena Anda akan merasa bergantung pada kata atau istilah yang diingat, ketika Anda lupa maka susunan kata atau kalimat yang diingat akan blank semua. Metode belajar yang baik adalah dengan cara memahami konsep, mind map materi karena metode ini lebih cepat diingat daripada anda menghafal.


LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2