-->

Iklan Atas Artikel

Cara Daftar JPS Sebagai Pengganti Program Kartu Prakerja

Cara Daftar JPS Sebagai Pengganti Program Kartu Prakerja - Pemerintah baru-baru ini telah mengeluarkan Jaring Pengaman Sosial atau (JPS) sebagai pengganti Kartu Prakerja. Hal ini merupakan kabar baik dari Kemnaker untuk peserta yang belum mendapatkan bantuan gaji. Pemerintah baru saja mengeluarkan Program Jaring Pengaman Sosial, kemudian kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11?


Seperti diketahui bersama bahwa sebelumnya pemerintah berupaya untuk memberikan bantuan subsidi di tengah kondisi yang tidak menentu seperti sekarang. Namun, sejumlah bantuan yang dikeluarkan pemerintah telah berakhir untuk para peserta yang menerimanya.

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah atau lolos kartu prakerja bisa mendaftar Jaring Pengaman Sosial (JPS). JPS ini merupakan program Jaring Pengaman Sosial sebagai salah satu upaya pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Bagi Anda yang ingin daftar JPS, Anda cukup mengakses melalui halaman www.kemnaker.go.id atau bisa melalui Dinas Sosial di tempat Anda.

Melalui Kemnaker pemerintah mengeluarkan kebijakan Bantuan Program Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja melalui JPS. Program JPS ini banyak memiliki keuntungan yang dikeluarkan sejak Sabtu, 10 Oktober 2020.

Ida Fauziyah selaku Menteri Ketenagakerjaan mengatakan untuk hal ini dilakukan sebagai usaha meringankan beban masyarakat melalui JPS atau Jaring Pengaman Sosial. Lebih lanjut Ida menerangkan Program JPS ini terdiri dari Program Tenaga Kerja untuk menyiapkan wirausaha yang mandiri, dan padat karya yang merupakan alternatif untuk upaya mengurangi dampak ekonomi pandemi.

JPS dari Kemnaker nantinya diberikan dalam bentuk pelatihan, dan pembekalan secara berkesinambungan yang didampingi langsung oleh Kemnaker, kemudian bertujuan menciptakan wirausaha membangunan lapangan perkerjaan untuk masyarakat. Sementara untuk program padat karya merupakan pemberdayaan yang menyasar bagi pengangguran.

Cara yang dilakukan dalam program ini yaitu dengan membangun fasilitas umum dan sarana yang menghasilkan dengan melibatkan banyak tenaga kerja. Kemnaker menilai JPS perlu dilakukan merupakan stimulus untuk masyarakat bagi pelaku industri kecil demi terciptanya kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang mempunyai nilai komersial di pasar domestik.

Namun, hingga saat ini Kemnaker belum memberikan informasi resmi terkait cara mendaftar untuk Jaring Pengaman Sosial (JPS) dan mekanisme yang akan dilaksanakan. Pemerintah baru menyampaikan secara definisi sasaran yang akan ditempuh mengenai program tersebut.



LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2