-->

Iklan Atas Artikel

Jokowi Keluarkan Perpres 98 Tahun 2020 Tentang Gaji dan Tunjangan PPPK

Jokowi Keluarkan Perpres 98 Tahun 2020 Tentang Gaji dan Tunjangan PPPK - Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 98 Tahun 2020 mengenai Gaji dan Tunjungan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau (PPPK) Perpes tersebut telah diundangkan sejak 29 September 2020.

Dalam Perpres tersebut berisi aturan mengenai besaran gaji dan tunjangan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang setara dengan pegawai PNS baik di instansi pemerintahan pusat maupun daerah. Aturan tersebut termaktub pada Pasal 2 Ayat 2 dan Pasal 4 Ayat 1 Perpres tersebut.


 

Dari penjelasan Perpres tersebut, untuk peserta PPPK berhak untuk mendapatkan kenaikan gaji secara berkala dan diperlakukan secara istimewa. Dalam Pasal 3 Ayat 3 dijelaskan, untuk teknis kenaikan gaji diatur dalam Permenpan dan Reformasi Birokrasi. Sedangkan untuk tunjangan yang didapatkan oleh PPPK terdiri atas tunjangan fungsional, pangan, struktural, keluarga, dan tunjangan lainnya. Lebih lanjut dalam Perpres tersebut telah mengatur bahwa gaji dan tunjangan PPPK instansi pemerintah pusat dikeluarkan oleh APBN, sedangkan PPPK di instansi pemerintah daerah dikeluarkan oleh APBD.

Secara teknis untuk mengatur besaran gaji dan tunjangan PPPK di instansi pemerintah pusat bisa diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan, dan PPPK di instansi pemerintah daerah melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri 


LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2