>

Komodo Viral di Twitter Kenapa?

Komodo Viral di Twitter Kenapa? - Komodo dan tagar #Savekomodo pada hari Senin 26 Oktober 2020 yang menjadi trending topik di twitter hingga pukul 08.15 WIB, lebih dari 30 ribu pengguna tampak menghiasi unggahan gambar mengenai Komodo tersebut.

Gambar yang banyak di upload ke twitter adalah gambar mengenai aktivitas proyek pembangunan di Pulau Komodo Rinca, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan tersebut bertujuan untuk melindungi satwa langka Varanus Komodensis atau Komodo  yang telah ditetapkan sejak tahun 1980 di taman nasional, kemudian gambar Komodo tersebut pertama kali diupload di twitter oleh @KawanBaikKomodo.

Komodo Viral di Twitter Kenapa?


Foto tersebut memperlihatkan seekor Komodo yang sedang menghalangi kendaraan truk yang membawa bahan material yang sedang melintasi di wilayah geopark komodo yang berjarak beberapa meter dengan komodo tersebut.

Lebih lanjut cuitan @KawanBaikKomodo dalam postingan tersebut mengungkapkan kesedihan mengenai Komodo yang berhadapan dengan truk pembangunan wisata Jurassic di Pulau Rinca. Dalam akun tersebut mengatakan bahwa hal ini merupakan pertama kalinya para Komodo berhadapan dengan mesin-mesin dan menghirup bau asap dari kendaraan.


Komodo Viral di Twitter Kenapa?


Akun twitter @KawanBaikKomodo merasa prihatin dengan aktivitas tersebut, "Akan seperti apa dampak proyek ini terhdap kelangsungan Komodo? Apakah masih ada yang peduli dengan konservasi?" cuitan akun tersebut.

Selain beberapa foto yang diunggah, akun @KawanBaikKomodo mengupload video mengenai aktivitas proyek Jurassic Taman Nasional Komodo. Warganet telah meretweet sebanyak 13 ribu lebih pengguna, disukai 9,7 ribu pengguna, dan balasan komentar 2,7 ribu kali.

Pemerintah pusat melalui Menteri Koodinator Bidang Kamaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dengan Pemprov NTT merencanakan Pulau Komodo diubah menjadi tempat pariwisata internasional. Luhut menjelaskan bahwa terkait rencana pemerintah tersebut akan mengembangkan tempat wisata safari yang bertaraf internasional mencontoh dari Afrika, dan kegiatan wisata berburu di alam terbuka yang banyak disukai oleh wisatawan mancanegara.

Selain tempat wisata, pemerintah akan mendirikan pusat penelitian karena mengingat Komodo yang merupakan hewan purba masih hidup hingga saat ini. Ridwan Djamaluddin selaku Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Kemaritiman mengatakan untuk penataan Pulau Komodo akan dibangun Pusat Riset Teknologi Komodo serta menata untuk kapal pesiar yang memasuki area Pulau Komodo dan Labuan Bajo. Penataan akan dilakukan mengenai rute, penanggulangan sampah, dan logistik.

Mengingat kunjungan Presiden Jokowi pada Juli 2019 ke Labuan Bajo telah berjanji akan mendesain besar area konservasi yang dibuat secara terpisah dengan tempat wisata, begitu juga dengan jumlah turis yang masuk.

Pada tahun 1980 Pulau Komodo, Rinca, dan Padar telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Komodo (TNK), pembangunanna bertujuan demi menyelamatkan Komodo dari kepunahan dan ancaman, karena tempat tersebut merupakan tempat satu-satunya Komodo ditemukan.

Namun, hingga saat ini ekosistem di TNK semakin terancam, membuat kelangsungan hidup dari situs warisan dunia UNESCO harus dijaga, lebih lanjut ditambah dengan proyek pembangunan pemerintah yang sedang berjalan setidaknya bisa mengganggu aktivitas Komodo tersebut.

0 Response to "Komodo Viral di Twitter Kenapa?"

Post a Comment

Komentari sesuai dengan isi konten.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel