-->

Iklan Atas Artikel

Manfaat Kunyit dan Jahe untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit dan Jahe untuk Kesehatan - Sistem imunitas yang baik seseorang ternyata bisa memberikan pengaruh terhadap pengurangan risiko seseorang terkena berbagai macam penyakit. Diantaranya terdapat manfaat kunyit dan jahe yang diyakini bisa memberikan menfaat untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga imunitas tubuh Anda.


Manfaat Kunyit dan Jahe untuk Kesehatan

Hampir di seluruh wilayah, kunyit dan jahe adalah tanaman yang banyak sekali ditemukan di Indonesia. Selain tanaman tersebut sering digunakan untuk bumbu makanan Indonesia, ternyata kunyit dan jahe bisa dijadikan obat tradisional.

Dilansir dari health detik.com, berikut manfaat kunyit dan jahe untuk menjaga kesehatan Anda.

1. Antioksidan

Antioksidan merupakan unsur penting dalam menjaga dan melindungi dari serangan radikal bebas sebagai sumber penyakit. Manfaat kunyit dan jahe adalah sebagai agen antioksidan yang bisa melawan radikal bebas sebab struktur kimia yang terdapat dalam kunyit dan jahe. 

Tidak hanya itu, kunyit dan jahe bisa meningkatkan kinerja enzim antioksidan yang terdapat dalam tubuh. Pada umumnya jahe biasa sering digunakan untuk obat tradisional, tetapi ada juga manfaat dari jahe merah untuk menjaga kesehatan. Ekstrak jahe merah dipercaya mampu membunuh dan mencegah dari bakteri jahat sehingga imunitas tubuh semakin kuat.

2. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Manfaat kunyit juga dipercaya sebagai ramuan untuk pengobatan kanker. Kunyit berfungsi dapat mempengaruhi terhadap pertumbuhan dan penyebaran sel kanker pada tingkat molekuler. Sebuah penelitian menunjukkan kunyit mampu melawan sel kanker dan mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor dan metastasis. Tidak hanya itu molekul biokatif yang terdapat pada jahe bisa menghambat pertumbuhan jenis kanker seperti kanker lambung, ovarium, kulit, hati, payudara, kolorektal, dan prostat.

3. Menurunkan Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia. Manfaat kunyit dan jahe ini bisa dijadikan alternatif membantu kesehatan pada jantung. Banyak studi menemukan kunyit dipercaya bisa meningkatkan pada fungsi lapisan pembuluh darah, fungsi ini sama dengan aktivitas olahraga. Selain kunyit, jahe juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Konsumsi jahe harian secara tepat bisa membantu dalam melawan kadar kolesterol jahat atau LDL. Studi baru menunjukkan mengonsumsi sebanyak 5 gram jahe dalam 3 bulan, dapat menurunkan kolesterol LDL.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan dispepsia atau kronis, jahe bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit tersebut. Makan jahe sebelum makan, dapat mengatasi sistem pencernaan Anda.

6. Mengobati Stres

Manfaat kunyit selanjutnya adalah bisa mengobati dari depresi. Penelitian menunjukkan, pada kunyit terdapat zat curcumin yang bisa mengatasi masalah dalam pengobatan antidepresan seperti prozac. Penelitian ini didukung dengan pengujian lab yang membuktikan bahwa kunyit bisa mempengaruhi terhadap keseimbangan dalam membantu fungsi otak. Untuk merasakan hasil yang optimal Anda bisa mengonsumsi sebanyak 1 gram selama 6 minggu.

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2