-->

Iklan Atas Artikel

Peringatan Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional

Peringatan Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional - Umumnya Hari Guru Nasional diperingati di Indonesia setiap tanggal 25 November, berbeda dengan peringatan Hari Guru Sedunia atau disebut dengan World Teacher's Day yang bertepatan pada tanggal 5 Oktober 2020 sekaligus Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-75.

Peringatan Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional

Pada tahun 1994 sejarah mencatat sebagai peringatan Hari Guru Sedunia yang diusung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sejak saat itu hanya menangani pendidikan yakni Education International (IE) dan UNESCO. Tujuan dari peringatan tersebut adalah memberikan dukungan penuh terhadap guru-guru di seluruh penjuru dunia. Hal ini menegaskan bahwa peran guru sangat penting terhadap generasi bangsa di seluruh negara.

Hingga saat ini terdapat 100 negara aktif yang ikut serta dalam perayaan Hari Guru Sedunia dan selalu merayakan setiap tanggal 5 Oktober setiap tahunnya. Peringatan Hari Guru Sedunia berbeda dengan peringatan Hari Guru Nasional yang penyelenggaraannya berbeda setiap negara. Contohnya Indonesia memperingati Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November, sementara Amerika Serikat memperingati Hari Guru Nasional pada minggu pertama pada bulan Mei, kemudian Argentina merayakan pada tanggal 11 November, Hongkong 10 September, dan Korea Selatan tanggal 15 Mei.

Alasan Indonesia merayakan Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November, karena tanggal tersebut berdirinya PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia. PGRI adalah organisasi yang telah aktif sejak 1945, tetapi pada tahun 1994 pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan pada tanggal didirikannya Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI, penetapan PGRI ditegaskan melalui UU nomor 14 Tahun 2005 mengenai Guru dan Dosen.

Peringatan baik Hari Guru Sedunia maupun Nasional mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk mendukung, mendorong, dan mengapresiasi terhadap kualitas guru-guru di seluruh dunia khusunya di Indonesia.







LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2