>

Cara Membuat Artikel Untuk Blogger Pemula

Cara Membuat Artikel Untuk Blogger Pemula - Saat Anda menggunakan Google dan mencari informasi mengenai suatu informasi tertentu, Google akan menampilkan banyak hingga jutaan artikel mengenai informasi terkait. Mungkin dalam benak Anda akan bertanya-tanya, bagaimana cara membuat artikel supaya muncul di halaman pencarian Google?

Cara membuat artikel

Cara Membuat Artikel Untuk Blogger Pemula

Umumnya mereka membuat artikel untuk blogger pemula harus merupakan informasi yang bersifat aktual, artikel yang dibuat berisi karya tulis yang bertujuan memberikan informasi berdasarkan data dan fakta. 

Cara membuat artikel sebenarnya tidaklah serumit yang dibayangkan. Namun, dengan banyak latihan dan membuat artikel harus dibiasakan agar penulisan terasa lebih mudah. Menulis artikel dengan pembahasan apapun intinya Anda harus memahami tentang apa yang ditulis.

Pahami Jenis-Jenis Artikel Sebelum Menulis

Sebelum Anda belajar mengenai cara membuat artikel, Anda harus terlebih dahulu mengetahui jeniS-jenis artikel. Hal tersebut bertujuan agar sebelum menulis artikel yang ditulis bisa menentukan jenis tulisan yang dipakai, hingga gaya bahasa yang digunakan dalam membuat artikel. Di bawah ini merupakan jenis artikel sebelum anda menulis artikel.

Artikel Deskripsi 

Pertama artikel ini merupakan artikel yang ditulis untuk menggabarkan, mengilustrasikan, suatu objek secara jelas. Ciri artikel ini melibatkan panca indera untuk mengilustrasikan objek atau gambar kepada pembacanya. Contohnya artikel yang ditulis seperti barang, riview dari produk tertentu, dan penjelasan suatu tempat atau objek.

Artikel Narasi

Selanjutnya artikel narasi merupakan jenis artikel yang menceritakan sesuatu atau seseorang. Contohnya artikel yang ditulis bisa menceritakan suatu peristiwa, atau pengalaman seseorang. Artikel narasi biasanya terdapat orientasi, kompilkasi, dan reorientasi.

Artikel Argumentasi

Artikel ini merupakan artikel yang berisi argumen-argumen terhadap suatu hal. Biasanya artikel ilmiah atau opini yang digunakan media menggunakan artikel jenis ini. Artikel argumentasi berisi pendapat seseorang terhadap sesuatu hal dan didukung dengan sejumlah fakta.

Artikel Eksposisi

Artikel jenis ini merupakan artikel yang berisi ilmu pengetahuan yang bersifat informatif, biasanya menjelaskan mengenai langkah-langkah atau sesuatu.

Artikel Persuasi

Artikel jenis ini merupakan artikel yang berisi ajakan, imbauan, dorongan terhadap sesuatu. Artikel ini biasanya ditulis untuk melakukan strategi marketing atau penjualan.


Cara Membuat Artikel Untuk Blogger Pemula

Setelah sebelumnya anda mengetahui jenis-jenis artikel, langkah selanjutnya adalah Anda harus mempelajari mengenai cara membuat artikel. Langkah-langkah membuat artikel:

1. Menentukan topik

Cara pertama untuk membuat artikel adalah menentukan topik apa yang ingin Anda tulis. Anda bisa menulis sub tema dari tema utama yang Anda tulis. Misalnya tema utamanya adalah tentang makanan, kemudian sub tema yang bisa Anda tulis mengenai jenis-jenis makanan favorit. Dari sub tema tersebut Anda bisa mengembangkan tulisan menjadi pembahasan yang lebih luas.

2. Menentukan sudut pandang

Setelah menentukan topik artikel, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan sudut pandang untuk ketika membuat artikel. Artikel yang berdasarkan pengalaman seseorang atau pribadi bisa dijadikan sebagai referensi yang lebih mudah diikuti pembaca.

3. Mempelajari referensi

Langkah selanjutnya adalah mempelajari referensi sebelum membuat artikel. Sebaiknya Anda mengumpulkan terlebih dahulu sumber-sumber bacaan untuk memudahkan dalam penulisan. Referensi sebelum membuat artikel bisa diambil dari artikel website, jurnal ilmiah, buku, atau berita. Carilah referensi yang memperkuat data dan fakta. Jangan mengambil referensi yang belum dibuktikan kebenarannya atau tulisannya berisi pengalaman pribadi saja.

4. Mengumpulkan data yang valid

Prinsipnya sama dengan mempelajari referensi, yaitu mengumpulkan data-data pendukung untuk artikel Anda. Data-data yang dimuat dalam artikel harus akurat dan bisa dipercaya. Hal tersebut bisa memberikan manfaat kepada pembaca yang ingin mencari artikel terkait. Artikel yang dibuat dengan data yang valid, akan meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap artikel yang Anda buat.

5. Membuat tulisan

Hal ini merupakan tahap terakhir yang paling penting dalam membuat artikel yaitu dengan mengolah tulisan Anda menjadi lebih terstruktur dan menarik. Berikut  merupakan cara membuat tulisan artikel agar menarik perhatian pembacanya.

  • Pertama, sebelum menulis artikel Anda harus menentukan gaya penulisan terlebih dahulu. Gaya menulis seseorang bisa didapatkan dengan cara banyak membaca artikel orang lain. Setelah Anda merasakan dengan gaya penulisan yang cocok dan menarik Anda bisa langsung menirunya dan mempraktikannya.
  • Kedua, artikel yang baik adalah artikel yang memperhatikan susunan kata dan tanda baca yang digunakan. Pesan yang disampaikan dari sebuah artikel akan lebih bermakna jika tanda baca yang digunakan dengan benar dan tepat. 
  • Ketiga, hindari pengulangan kata atau kalimat yang membuat pembaca kebingungan. Sebaiknya carilah padanan kata jika Anda mengalami kesulitan dalam penulisan, gunakan KBBI jika Anda menulis artikel berbahasa Indonesia. Semakin banyak Anda membaca artikel orang lain dan merujuk pada aturan  bahasa yang digunakan, maka semakin kaya kosa kata yang ditulis dalam penulisan sebuah artikel.

Jadi, sebelum membuat artikel Anda harus memahami jenis-jenis artikel yang sudah disampaikan sebelumnya, dan memahami langkah-langkah penulisan artikel dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat!




0 Response to "Cara Membuat Artikel Untuk Blogger Pemula"

Post a Comment

Komentari sesuai dengan isi konten.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel