-->

Iklan Atas Artikel

Cara Mengecek Penerima BLT Guru Honorer Rp 1,8 Juta

Cara Mengecek Penerima BLT Guru Honorer Rp 1,8 Juta - Pemerintah akan memberikan bantuan terhadap guru honorer atau tenaga pendidik non-PNS. Hal tersebut sudah disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim.

Cara Mengecek Penerima BLT Guru Honorer Rp 1,8 Juta


Nadiem Makarim mengatakan bantuan subsidi tersebut bisa direalisasikan karena bantuan dari komisi X DPR, perjuangan Kemendikbud dan dukungan dari Kemenkeu. Besaran bantuan yang diberikan tersebut adalah Rp 1.8 juta untuk satu kali.

Pada kondisi hari ini, guru ataupun tenaga kependidikan non-PNS tidak hanyak mengalami masalah kesehatan tetapi krisi ekonomi juga. 

Syarat Penerima BLT Guru Honorer Rp 1.8 Juta

Target yang akan mendapatkan bantuan upah tersebut merupakan guru atau tenaga pendidik non-PNS seperti dosen, guru, guru yang bertugas sebagai kepala sekolah, pendidik PAUD, pendidik kesetaraan, tenaga perpustakaan, tenaga administrasi, dan tenaga laboraturium.

Target sasaran sebanyak 2.034.732 orang terdiri dari 162.277 dosen PTN dan PTS. Selanjutnya 1.634.832 guru dan pendidik satuan pendidikan negeri dan swasta, dan tenaga umum, tenaga perpustakaan, administrasi sebanyak 237.623.

Bantuan tersebut dialokasikan kepada guru dan tenaga pendidik non-PNS baik sekolah negeri maupun swasta.

  1. Syarat penerima BLT guru honorer mirip dengan parakerja atau yang terdaftar di BPJS ketenagakerjaan. Guru honorer merupakan WNI dibuktikan dengan KTP.
  2. Bukan penerima BLT atau subsidi dai BPJS dan Kementrian Ketenagakerjaan.
  3. Bukan PNS, serta tidak pernah menerima bansos pemerintah seperti Kartu Prakerja hingga 1 Oktober 2020.
  4. Penghasilan di bawah Rp 5 Juta per bulan

Cara Mengecek Penerima BLT Guru Honorer Rp 1,8 Juta

Untuk memastikan penerima BLT guru honorer atau tenaga pendidik non-PNS bisa mengeceknya melalui halaman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ kemudian login.

Halaman tersebut merupakan informasi validasi data guru, fungsi dari halaman tersebut untuk membantu guru menampilkan data dari sekolah, apabila terdapat kesalahan data, maka dilakukan proses perbaikan melalui aplikasi dapodik masing-masing sekolah.

  • Pastikan setiap honorer atau non-PNS menggunakan email aktif.
  • Untuk pengaturan akun bisa melalui Manajemen Dapodik.

Setelah berhasil login pada halaman info.gtk.kemdikbud.go.id akan muncul halaman berisi pembayaran insentif untuk guru non-PNS atau honorer. 

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2