-->

Iklan Atas Artikel

Cara Menggagas Event Organizer Islam

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar istilah event organizer. Apa dan bagaimana dengan event organizer itu? Pada umumnya, pekerjaan event organizer atau EO tidak berbeda jauh dengan kepanitiaan dalam sebuah acara. 


Cara Menggagas Event Organizer Islam

Kalau Anda perhatikan di setiap acara apa pun pasti ada panitianya. Bahkan, bisa jadi kita pernah menjadi seorang panitia dalam sebuah acara. Contohnya saja dalam ruang lingkup kecil mungkin saja kita pernah terlibat dalam sebuah kepanitiaan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di salah satu masjid, peringatan Isra Mikraj di sekolah, atau acara panitia halal bil halal yang diadakan dalam lingkungan RT atau RW di kampung. Bahkan dalam lingkungan keluarga mungkin saja pernah ikut bagian dalam perayaan atau pesta pernikahan, tasyakuran dari saudara kita, dan masih banyak lagi contohnya.

Dengan demikian, tanpa kita sadari sebenarnya kita pernah masuk dalam event organizer, dan secara sederhana profesi atau pekerjaan ini tidak lain merupakan pekerjaan atau usaha untuk menjual acara saja. Namun begitu, lahan seperti ini tidak banyak tersentuh oleh 'tangan-tangan' muslim, apalagi dalam konteks untuk syiar islam dan pengembangan dakwah dalam acaranya. Kalau kita perhatikan sangat jarang sekali  organizer yang bisa menampilkan acara yang bertemakan Islam. Padahal seperti yang kita ketahui komunitas kaum muslim. yang mayoritas di negara ini merupakan sebuah kekuatan dan potensi yang cukup besar, yang jika bisa dimanfaatkan maka bisa jadi akn menjadi peluang untuk prospek pencaharian kita di masa depan.

Untuk Anda harus pintar-pintarlah menangkap peluang dam jadikan momen-momen acara di sekitar kita sebagai momentum uji coba untuk mengemas kemampuan dalam menggarap sebuah acara. Terlebih dahulu Anda jangan memikirkan keuntungan dan penghasilan. Karena ingin menyukseskan sebuah acara harus dimulai dari bawah. Anda harus utamakan kepuasan diri dan orang lain yang mengedepankan kualitas. Jika umat sudah merasa puas dengan cara dan hasil kerja kita maka kita nantinya seperti gula yang akan selalu dijumpai banyak orang.

EO Acara Keluarga

Kalau kita perhatikn acara yang dapat kita lakukakan adalah sebuah perayaan keluarga. Hal tersebut merupakan momen-momen peluang yang tidak boleh kita lewatkan untuk melakukannya dengan kapasitas kita sebagi seorang EO. Seperti acara untuk pernikahan, ulang tahun, tasyakuran, khitanan, dan sebagainya.

Banyak cara untuk mengemas atau paket acara yang dapat kita sodorkan  untuk perayan keluarga tersebut, salah satunya dengan memberikan paket pengajian sekaligus mengisinya dengan paket hiburan yang berisikan konten musik grup-grup shalawat atau electone yang menampilkan lagu bertemakan Islam.

Tidak hanya itu kita bisa membuat acara hiburan, cerita atau dongeng anak-anak, dan permainan atau game jika kapasitas atau segmentasi acara tersebut untuk anak-anak, seperti acara ulang tahun, khitanan, tasyakuran kenaikan kelas, dan lain-lain. Buatlah acara dengan semenarik mungkin dan kreatif tentunya disesuaikan dengan tema acara, karena kreativitas itulah yang akan dijual.


EO Pendidikan dan Latihan

Dengan meningkatnya kesadaran dan pemahaman umat islam dalam mendalami agama, secara tidak langsung akan membawa pada kesadaran mereka untuk mengerti tentang ajaran agama tersebut. Ilmu apapun itu dibawa dalam sudut pandang agama. Maka tidak sala jika kita berusaha untuk memberikan fasilitas dan melayani kebutuhan dan semangat yang membara dari umat Islam untuk mengenal ajaran agama.

Di antara berbagai macam pendidikan dan pelatihan yang bisa Anda lakukan seperi EO baca tulis Al-Quran, karena semakin meningkatnya kesadaran umat Islam dalam mempelajari agama baik secara langsung maupun tidak langsung yang akan membawa kepada kesadaran untuk mengerti Al-Quran, khusunya untuk bisa membaca Al-Quran, dan memahami Al-Quran.

Dengan banyaknya orang awam saat ini yang menunjukkan semangat belajar membaca Al-Quran merupakan peluang untuk para santri, pelajar muslim, dan sarjana Islam yang kebanyakan cukup mahir dalam membaca Al-Quran untuk mengais rezeki di jalan Allah Swt di sana.


Tips Sukses Event Organizer

Bisnis Event Organizer termasuk bisnis kategori perusahaan jasa, maka untuk modal bukanlah sesuatu yang terlalu berarti. Artinya tergantung dari bagaimana kemampuan dan kesiapan diri kita sendiri dalam mengolah bisnis ini. Jika Anda sudah merasa mampu untuk masuk dalam dunia ini maka tidak berbeda jauh Anda masuk dalam bidang pekerjaan lain. Dengan demikian pekerjaan ini bukan sekedar iseng, mengisi waktu luang, coba-coba, dan asal jalan, karena pada dasarnya Anda sedang bermain dengan uang dan trust yang diberikan pihak lain terhadap pekerjaan Anda.

Ada beberapa hal yang bisa Anda pakai untuk melangkah dalam pekerjaan ini, diantaranya sebagai berikut:

  1. Bukalah kran pergaulan, silaturahmi, relasi, hubungan, dan kerjasama yang seluas-luasnya. Kalau hal ini tidak Anda perhatikan maka bersiap untuk gulung tikar dan melirik usaha yang lain, karena butuh perlu Anda sadari bahwa dunia yang Anda jalani merupakan dunia pergaulan, relasi, dan showbiz.
  2. Jangan mudah menyerah dan takluk untuk mencari dukungan sponsor dan peserta yang akan ikut dalam acara yang Anda buat.
  3. Tumbuhkanlah sikap dan pekerjaan yang kreatif dan inovatif dalam merancang acara atau program. Jangan monoton dan membosankan klien Anda. Buatlah acara semenarik mungkin dan memuaskan.
  4. Jangan meninggalkan kesan yang buruk untuk semua pihak yang terlibat dalam acara Anda. Bila sedikit saja menciderai mereka maka Anda akan kehilangan banyak hal yang Anda butuhkan; klien, rekan kerja, dan pundi-pundi.


LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2